Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Mendekorasi Dinding Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding kosong di kamar tidur bisa dimanfaatkan untuk menambahkan dekorasi untuk mempercantik tampilan ruangan serta memberikan kesan personal.

Ada berbagai pilihan menambahkan dekorasi pada dinding kamar tidur, seperti memasang wallpaper, lukisan, hingga foto.

Anna Hill, Brand Director di Fenwick & Tilbrook, mengatakan saat mendesain kamar tidur, keputusan meletakkan sesuatu di dinding, tergantung pada preferensi pribadi, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Menurutnya, penting menciptakan kamar tidur yang tenang, seimbang, dan harmonis. "Anda harus memastikan tidak membebani ruangan secara berlebihan," katanya.

Dikutip dari Ideal Home, Sabtu (2/9/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi dinding kamar tidur. 

"Memanfaatkan semua ruang yang tersedia, unit rak menyediakan tempat sempurna memajang buku-buku favorit, suvenir, atau barang-barang dekoratif, di samping menjaga kamar tidur tetap rapi," ucapnya. 

Ia menambahkan, rak ini juga ramah bagi mereka yang mengontrak rumah. Anda bisa menambahkan sentuhan personal tanpa meninggalkan jejak, ideal bagi yang tidak diizinkan memaku dinding untuk menggantung karya seni atau foto. 

Padukan karya seni dan wallpaper bermotif

Memadukan karya seni dan wallpaper merupakan cara bergaya membuat dinding yang menonjol di kamar tidur.

Annica Wallin, Executive Creative Director di Desenio, mengatakan karya seni yang dipadukan dengan dinding bermotif bisa menjadi pasangan serasi jika strukturnya saling berhubungan.

Cara terbaik menciptakan estetika menyenangkan adalah menggunakan warna-warna tren yang selaras satu sama lain.

"Jika wallpaper didominasi warna abu-abu misalnya, carilah karya seni yang memiliki elemen-elemen tersebut," ucapnya.

Dinding galeri

Dinding fitur adalah cara tepat bereksperimen dengan berbagai jenis seni dinding. Sam Baldry, Head of Design di Swoon, mengatakan seni adalah pilihan sangat individual, tapi terkadang sebaiknya keluar dari zona nyaman.

"Dinding fitur memberikan kesempatan melakukan hal ini. Lagi pula, Anda hanya bereksperimen pada satu dinding," ujarnya.

Dinding fitur dapat memberikan efek dramatis dan penuh gaya di kamar tidur, terutama jika memadukan karya seni dan aksesori dalam berbagai warna.

Bermainlah dengan beberapa gambar, foto, dan karya seni lainnya yang sesuai dengan skema warna kamar tidur.

Gantungkan makrame pada dinding kosong atau letakkan di dinding fitur untuk melengkapi karya seni berbingkai.

Anda juga bisa menggunakannya untuk menghadirkan warna-warna aksen ke dalam ruangan. Hal ini akan melengkapi dekorasi kain lainnya, seperti selimut dan bantal di kasur.

Berkreasi dengan panel

Panel dinding merupakan cara tepat menambahkan tekstur halus pada dinding. Panel bisa dicat putih untuk kesan Skandinavia atau gelap untuk tampilan dramatis.

Anda juga bisa menambahkan lampu dinding dan elemen dekoratif. Wallpaper dapat ditambahkan ke panel untuk tampilan dekoratif atau menambahkan cat pada panel jika menginginkan sentuhan warna.

Ciptakan pajangan dengan rak dinding

Rak dinding adalah cara mudah menata karya seni dinding tanpa harus menggunakan pengait gambar. Rak ini akan terlihat bergaya saat diisi karya seni serta memiliki keuntungan tambahan seperti mudah diperbarui seiring perubahan selera Anda.

Untuk tampilan rak yang halus, cobalah mengecatnya dengan warna sama dengan dinding agar karya seni terlihat menonjol.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/02/150500976/6-ide-mendekorasi-dinding-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke