Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Pasang Lampu Chandelier di Kamar Tidur? Pertimbangkan Ini Dulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu chandelier atau lampu gantung memberikan nuansa mewah dan elegan ke dalam ruangan. Secara tradisional, lampu chandelier ditempatkan di atas serambi dan meja makan, tetapi jarang terlihat di kamar tidur.

Namun, dikutip dari House Digest, Minggu (30/7/2023), itu tidak berarti lampu chandelier tidak akan membuat pencahayaan kamar tidur yang baik.

Sementara lampu klasik yang meneteskan kristal atau dengan lengan yang memegang lampu seperti lilin mungkin muncul di benak Anda, istilah lampu chandelier sebenarnya dapat merujuk pada perlengkapan lampu gantung dengan banyak lengan yang bercabang dari badan utama.

Artinya, saat membeli lampu chandelier, Anda akan menemukan bahwa ada banyak gaya yang bisa dipilih termasuk tradisional yang mewah, modern yang ramping, dan banyak lagi.

Anda tidak boleh meremehkan apa yang dapat dibawa oleh perlengkapan lampu yang tepat untuk sebuah desain, bahkan di ruangan santai seperti kamar tidur.

Lampu chandelier dapat menambah titik fokus dan membantu menarik mata ke atas, membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lebih besar. Namun, ada juga beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memasang lampu chandelier di kamar tidur.

Berikut hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang lampu chandelier di kamar tidur. 

Dimensi membuat perbedaan

Saat menambahkan lampu chandelier ke kamar tidur, ketinggian langit-langit harus menjadi faktor pertama yang dipertimbangkan.

Karena lampu chandelier menggantung, Anda biasanya menginginkan langit-langit dengan tinggi minimal 180 cm agar kepala Anda tidak terbentur lampu atau membentur bagian furnitur lainnya.

Langit-langit yang lebih pendek mungkin mendapat manfaat dari tipe miniatur, yang akan menciptakan tampilan serupa dengan panjang yang lebih sedikit. Namun, Anda harus selalu menghindari menggantung kandil terlalu dekat dengan langit-langit.

Seiring dengan ukuran lampu gantung, skala fitur di dalam ruangan juga sama pentingnya, karena kamar tidur yang lebih kecil mungkin akan kewalahan oleh perlengkapan lampu yang besar.

Secara umum, sebaiknya diameter lampu chandelier kira-kira sama dengan panjang ditambah lebar ruangan tetapi dalam inci. Misalnya, kamar tidur 3 x 3 meter akan mendapat manfaat dari perlengkapan lampu dengan diameter 20 inci.

Bagi banyak orang, ukuran ruangan dan ukuran perlengkapan adalah hal yang akan menjadi poin penting.

Memiliki satu lampu langit-langit pusat juga dapat menciptakan area gelap di sebuah ruangan, karena cahayanya mungkin tidak dapat menjangkau setiap sudut.

Karena sebagian besar lampu gantung kamar tidur diletakkan di atas tempat tidur atau langsung di tengah langit-langit, mungkin ada beberapa area yang lebih terang daripada yang lain, terutama di ruangan yang lebih besar.

Ini dapat dengan mudah dilawan dengan menggunakan lampu atau fitur pencahayaan yang lebih kecil untuk menerangi sudut-sudut ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/30/205700276/mau-pasang-lampu-chandelier-di-kamar-tidur-pertimbangkan-ini-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke