Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kesalahan Merawat Tanaman Hias yang Harus Dihindari, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias membawa beragam manfaat untuk rumah. Warna dan tampilannya membuat ruangan terasa semakin lengkap.

Selain itu, tanaman juga menyegarkan ruangan dan membawa suasana alam. Di sisi lain, tanaman memerlukan perawatan yang tepat agar dapat tumbuh dengan baik.

Untuk itu, hindari kesalahan umum dalam merawat tanaman hias berikut ini, yang dilansir dari Real Simple, Kamis (22/6/2023).

1. Tidak mempelajari tanaman sebelum membeli

Bliss Bendall, New York Botanical Garden certified horticulturist mengatakan, Anda mungkin melihat sebuah tanaman di pembibitan atau rumah teman dan menginginkannya. Namun, mungkin tanaman itu bukan tanaman yang tepat untuk Anda.

Tidak peduli seberapa besar Anda menginginkan tanaman ara biola, misalnya, jika Anda tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang hangat dan tersaring selama enam hingga delapan jam sehari, tanaman itu akan mati, kata Bendall.

2. Perawatan tanaman yang tidak konsisten

Jika Anda sering bepergian atau bekerja berjam-jam, merawat tanaman mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Menurut Bendall, Anda harus tahu persis bagaimana cara merawat tanaman Anda dan secara konsisten merawatnya.

Ada pengetahuan khusus untuk merawatnya dan kebutuhan mereka harus dipenuhi agar mereka tetap hidup, ujar dia. 

Kaylyn Hewitt, lead floral designer The Bouqs Co mengatakan, hal ini terutama berlaku dalam hal penyiraman. Ia menyarankan untuk mempelajari tanaman dan memahami penyiramannya secara spesifik.

Sebagian besar tanaman membutuhkan jadwal penyiraman yang berbeda dan tidak selalu ada satu solusi yang cocok untuk semua tanaman, tutur Hewitt.

3. Tidak mempertimbangkan arah cahaya matahari

Memahami dari arah mana cahaya datang di rumah Anda merupakan hal yang penting. Hal ini juga bisa menentukan di ruangan mana Anda meletakkan tanaman.

Paparan sinar matahari dari arah tenggara tidak sekuat dari arah barat laut, misalnya. Anda perlu mengetahui dari mana datangnya sinar matahari pada jam berapa sepanjang hari, ujar Bendall.

4. Tidak bersabar

Anda mungkin merasa frustrasi atau menyerah karena Anda pikir tanaman tidak tumbuh cukup cepat. Namun, menurut Bendall, Anda mungkin saja menyerah terlalu dini.

Ia menambahkan, terkadang Anda akan memilih tanaman yang Anda inginkan dengan ukuran tertentu untuk area tertentu, dan tanaman itu mungkin akan tumbuh lebih besar dengan cepat dalam waktu satu tahun atau lebih.

Beberapa tanaman tumbuh sangat lambat sehingga mungkin tidak memenuhi ruang secepat yang Anda harapkan, papar Bendall.

5. Mengabaikan tingkat kelembapan

Mereka yang tinggal di iklim kering harus mempertimbangkan tingkat kelembapan saat membeli tanaman. Tingkat kepembapan di rumah Anda pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan jangka panjang tanaman Anda, terutama jika tanaman tersebut berasal dari daerah tropis.

6. Lupa membersihkan daun tanaman hias

Bendall mengatakan, menjaga kebersihan daun merupakan hal penting untuk memaksimalkan pertumbuhanya.

Debu dapat menghalangi sinar matahari ke daun yang memperlambat fotosintesis, yang merupakan proses di mana tanaman hijau menggunakan sinar matahari untuk mensintesis makanan dari karbon dioksida dan air, sebut dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/22/101200676/6-kesalahan-merawat-tanaman-hias-yang-harus-dihindari-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke