Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Tanaman Lili Paris Menurut Feng Shui dan Aturan Penempatannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok yang digunakan selama ribuan tahun untuk menciptakan ruang hidup atau ruang kerja yang harmonis dan seimbang. Tujuan feng shui adalah menciptakan aliran energi atau chi, yang meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran.

Mengatur ruang hidup berdasarkan niat Anda secara eksplisit dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, hubungan cinta, masalah uang, dan karier.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan unsur alam seperti tanaman dan fitur air untuk menciptakan rumah dengan feng shui yang baik. Misalnya, tanaman laba-laba atau lili paris menjadi pilihan populer karena diyakini tanaman itu membawa energi positif dan memurnikan udara di lingkungan.

Ketika ditempatkan di area tertentu di rumah, tanaman lili paris dapat membantu menciptakan aliran chi yang meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan.

Dilansir Feng Shui Beginner, Kamis (8/6/2023), berikut makna tanaman lili paris menurut feng shui dan aturan penempatannya di rumah.

Apa itu tanaman lili paris?

Tanaman lili paris (Chlorophytum comosum) adalah tanaman dalam ruangan yang sangat disukai yang dikenal karena penampilannya yang unik dan persyaratan perawatan yang mudah.

Daunnya panjang dan sempit yang tumbuh dalam formasi roset, masing-masing panjangnya mencapai 60 cm. Selain itu, daunnya berwarna hijau dengan garis-garis putih di sepanjang tepinya, memberikan penampilan yang khas pada tanaman ini.

Banyak orang menyukai tanaman lili paris karena merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawat. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi pencahayaan, dari sinar matahari langsung yang terang hingga cahaya tidak langsung yang rendah.

Tanaman lili paris juga sangat tangguh dan dapat menghilangkan racun berbahaya dari udara, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Oleh karena itu, jika Anda mencari tanaman dalam ruangan yang serbaguna dan menarik yang dapat tumbuh subur di berbagai kondisi, tanaman lili paris adalah pilihan yang tepat.

Apakah tanaman lili paris adalah tanaman pembawa keberuntungan?

Bila Anda mencari tanaman pembawa keberuntungan untuk membawa keberuntungan ke rumah, tanaman lili paris bisa menjadi pilihan yang bagus.

Banyak orang telah menggunakan tanaman lili paris sebagai simbol keberuntungan selama berabad-abad di banyak budaya di seluruh dunia. Itu karena daun hijau tanaman lili paris melambangkan pertumbuhan, sedangkan bunga putihnya melambangkan kesucian.

Oleh karena itu, memiliki tanaman lili paris di rumah dapat membawa keberuntungan dan mengurangi energi negatif.

Selain tanaman lili paris, bambu hoki adalah salah satu tanaman pembawa keberuntungan favorit karena melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Selain itu, jumlah batang tanaman bambu hoki menentukan area kehidupan Anda yang menarik keberuntungan.

Tanaman pembawa keberuntungan lainnya yang dapat Anda pertimbangkan untuk diletakkan ke rumah adalah money tree atau pohon uang, tanaman giok, lidah mertua, dan tanaman karet atau rubber plant.

Namun, hindari tanaman yang diasosiasikan dengan hal-hal negatif atau yang mati karena membawa energi stagnan ke dalam hidup Anda.

Aturan dan penempatan tanaman lili paris menurut feng shui

Tanaman lili paris dapat membantu meningkatkan feng shui rumah dengan menempatkannya secara strategis di posisi yang benar.

Jadi, Anda bisa meletakkan tanaman ini di sektor timur atau tenggara ruangan yang berhubungan dengan elemen kayu untuk mendorong energi positif dan meningkatkan kesehatan dan kemakmuran.

Selain itu pertimbangkan untuk meletakkan tanaman lili paris di ruang tamu, balkon, ruang belajar atau dapur.

Di sisi lain, sebaiknya hindari menempatkan tanaman di arah barat atau selatan.

Dengan penempatan yang tepat, tanaman lili paris membantu menghilangkan energi negatif dan dapat menjadi tambahan yang bagus untuk ruang rumah atau kantor.

Tanaman yang mati, tidak sehat, atau sekarat berdampak negatif pada feng shui rumah atau kantor karena akan menghilangkan energi positif ruangan dan menghalangi Anda untuk menikmati potensi penuhnya.

Oleh karena itu, menggantinya sebelum menyebabkan kerusakan lingkungan lebih lanjut sangatlah penting.

Manfaat tanaman lili paris di rumah

Tanaman lili paris adalah tanaman hias yang sangat disukai karena perawatannya yang rendah dan perawatan yang mudah. Berikut beberapa manfaat tanaman lili paris di rumah.

1. Tanaman pembersih udara

Tanaman lili paris adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan kualitas udara di rumah. Berdasarkan studi NASA, tanaman ini dapat membantu menghilangkan polutan udara berbahaya, seperti formaldehida, yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti asma.

Dengan hadirnya tanaman lili paris, Anda dapat merangkul lingkungan yang lebih sehat untuk keluarga Anda dan melindunginya dari polutan udara.

2. Cocok jadi dekorasi rumah

Tanaman lili paris adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghadirkan sedikit nuansa alam di dalam ruangan sebagai dekorasi rumah. Daunnya yang semarak dan bentuknya yang unik seperti laba-laba menjadikannya tambahan yang sempurna untuk rumah atau kantor.

Selain menambahkan sentuhan kehijauan pada ruangan, tanaman lili paris juga menawarkan beberapa manfaat yang membedakannya dari tanaman hias lainnya.

Dari kualitas udara yang lebih baik hingga menghilangkan stres, tanaman lili paris adalah tambahan yang sempurna bagi siapa pun yang mencari lebih dari sekadar daya tarik estetika.

3. Ramah hewan peliharaan

Sementara banyak dari kita mungkin bertanya-tanya apakah tanaman lili paris aman untuk hewan peliharaan, pemilik hewan peliharaan dapat tenang mengetahui bahwa itu aman untuk hewan peliharaan.

Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), tanaman ini tidak beracun bagi kucing dan anjing.

Oleh karena itu, tanaman lili paris sangat ideal bagi pemilik hewan peliharaan yang ingin merapikan rumahnya tanpa takut membahayakan hewan peliharaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/08/132900676/makna-tanaman-lili-paris-menurut-feng-shui-dan-aturan-penempatannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke