Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Buru-buru Dibuang, Ini 8 Cara Kreatif Memanfaatkan Kasur Lama

Kasur memiliki usia pemakaian delapan hingga 10 tahun. Dalam waktu tersebut, kasur bisa bertambah berat dua kali lipat lantaran menumpuk keringat, sel kulit, tungau debu, dan kotoran lain yang terkumpul. 

Ketika membeli kasur baru, beberapa toko akan mengangkut kasur lama secara gratis. Namun, di dunia yang semakin ramah lingkungan dan berkelanjutan saat ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada kasur lama setelah meninggalkan rumah.

Sayangnya, dilansir dari Mattress Recycling Council, kasur lama kemungkinan besar akan berakhir di tempat pembuangan akhir bersama dengan 20 juta kasur lainnya yang dibuang ke sana setiap tahunnya. 

Jadi, apakah ini berarti Anda tidak perlu mengganti kasur lama meski usianya sudah tua atau memiliki masalah punggung?

Tidak sama sekali. Namun, Anda harus menemukan cara lebih kreatif membuang kasur lama agar tidak dibuang begitu saja ke TPA.

Untuk beberapa inspirasi, berikut beberapa cara kreatif memanfaatkan kasur lama dikutip dari How Stuff Works, Selasa (6/6/2023).  

Namun, ini bukan jaminan pasti untuk membuang kasur lama. Kasur harus bebas noda agar dapat diterima.

Selain itu, banyak organisasi, seperti Goodwill, tidak menerima kasur bekas meski telah dirawat baik. Anda harus menghubungi pusat donasi lokaluntuk informasi lebih lanjut, karena peraturan ini berbeda di setiap badan amal atau negara bagian.

Jika cukup beruntung menemukan pusat donasi yang menerima kasur, pastikan menanyakan apakah mereka akan mengambilnya dari rumah Anda karena beberapa menawarkan penjemputan gratis ke rumah untuk barang-barang yang lebih besar. 

Membuat karya seni

Selanjutnya, cara kreatif memanfaatkan kasur lama adalah membuat karya seni. Jika sangat kreatif, Anda dapat menggunakan kembali kasur lama sebagai kanvas untuk proyek seni baru.

Secara keseluruhan atau dibongkar, kasur memberikan peluang besar untuk kreativitas. Anda bisa menjelajahi internet untuk mencari ide atau memberikan kasur tersebut kepada seorang seniman untuk membuat karya seni. 

Misalnya, menjadikan kasur bekas sebagai ayunan sofa. 

Masalah dengan daur ulang kasur adalah sebagian besar pusat daur ulang tidak mau menerimanya. Hanya mereka yang secara khusus didesain untuk kasur yang mau.

Yang lebih buruk lagi, hanya segelintir fasilitas daur ulang kasur yang mau mengambilnya dan hampir semuanya mengenakan biaya untuk mengambil kasur dari tangan Anda. 

Bongkar dan gunakan bagian-bagiannya

Membongkar dan menggunakan bagian-bagian kasur bisa menjadi cara kreatif memanfaatkan kasur lama. Jika Anda cukup kreatif, cobalah membongkar sendiri kasur lama daripada membawanya ke fasilitas daur ulang.

Ada banyak komponen yang membentuk kasur yang bisa berguna bagi Anda. Isian kasur bisa digunakan untuk bantal baru, bahkan melapisi ulang furnitur.

Jika Anda seorang pengrajin, mungkin tertarik dengan kayu dari bingkai untuk pekerjaan pertukangan, bahkan untuk api unggun.

Donasi ke tempat penampungan

Jika tidak berhasil menyumbangkan kasur lama ke badan amal, Anda bisa mencoba menyumbangkannya ke tempat penampungan. 

Tempat penampungan tunawisma, tempat penampungan wanita,  bahkan tempat penampungan bantuan bencana mungkin menerima sumbangan kasur yang telah dibersihkan secara profesional. 

Bukan hanya manusia yang bisa mendapatkan manfaat dari kasur tua. Selain tempat penampungan untuk orang-orang yang membutuhkan, Anda bisa memberikan kasur pada tempat penyelamata hewan peliharaan.

Ini dapat menjadi cara kreatif memanfaatkan kasur lama. Tempat penampuan bisa menggunakan kasur lama sebagai tempat tidur untuk hewan-hewan yang telah mereka selamatkan untuk menunggu diadopsi.

Tempat penitipan anjing atau bisnis serupa lainnya mungkin juga tertarik dengan kasur lama Anda. 

Namun, pastikan sudah membersihkan kasur secara profesional sebelum menyumbangkannya. Tempat penampungan hewan mungkin tidak terlalu mempermasalahkan noda, selama kasur dalam keadaan bersih. 

Gunakan kembali untuk waktu bermain anak-anak

Anda mungkin dapat menggunakan kembali kasur lama untuk tempat bermain anak di halaman  Ini juga bisa menjadi pengganti yang kreatif untuk trampolin.

Kasur lama bisa menjadi apa saja yang dibayangkan oleh anak Anda. Sekali lagi, pastikan membersihkan kasur secara profesional.

Meski Anda merasa kasur selalu dalam kondisi prima, keringat dan tungau debu yang tidak terlihat dengan mata telanjang dapat menyebabkan penyakit. 

Kompos 

Terakhir, cara kreatif memanfaatkan asur lama adalah menjadikannya sebagai kompos. Rangka kayu dan isian kasur dapat digunakan untuk membuat tumpukan kompos di halaman belakang rumah.

Bilah kayu pada rangka dapat digunakan kembali untuk membuat tempat sampah yang sebenarnya untuk kompos, sementara bantalan busa atau isian kapas dapat digunakan sebagai penutup untuk melindungi kompos dari elemen-elemen dan menjaga tumpukan tetap hangat, yang mempercepat proses pengomposan.

Anda bahkan dapat menggunakan isian dari kasur sebagai kain lanskap untuk mencegah gulma dari taman dan mata air sebagai teralis untuk memanjat tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/06/193700776/jangan-buru-buru-dibuang-ini-8-cara-kreatif-memanfaatkan-kasur-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke