Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Menghilangkan Noda Minyak dari Pakaian

Biasanya, noda minyak mengenai pakaian ketika sedang memasak atau makanan yang terjatuh saat makan. 

Apabila ingin pakaian tampak seperti baru setelah dicuci, penting melakukan penanganan noda minyak dengan benar.

Masalah terbesar noda minyak adalah tidak mudah terlihat daripada noda lainnya. Anda mungkin akan menemukannya ketika noda tersebut sudah menempel pada pakaian.

Noda minyak biasanya tidak meninggalkan area bernoda yang jelas. Sebaliknya, menciptakan sedikit perubahan warna yang mudah terlewatkan.

Setelah beberapa waktu, area yang terkena noda minyak dapat menjadi lebih gelap sehingga sangat penting bertindak cukup cepat untuk mencegahnya mengendap secara permanen.  

Dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (30/5/2023), berikut cara menghilangkan noda minyak dari pakaian.  

Bahkan, noda minyak yang lebih kecil dapat diatasi hanya dengan bantuan tisu atau bahan penyerap lainnya. Cukup keluarkan kelebihan minyak dari pakaian dan noda akan hilang secara signifikan.

Noda minyak yang lebih besar dan lama memerlukan beberapa langkah tambahan. Meski demikian, cobalah menyerap minyak sebanyak mungkin untuk menyederhanakan tugas pembersihan.

Jika noda minyak banyak dan Anda takut menyebar di area tersebut, disarankan  menggunakan alat bantu, seperti sendok untuk menghilangkan kelebihannya.

Lakukan dengan lembut tanpa menggosok area yang terkena noda minyak. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah lebih banyak minyak yang meresap ke dalam kain.  

Biarkan pakaian terendam dalam detergen dalam larutan air selama kurang-lebih satu jam, lalu letakkan area yang terkena noda di bawah air panas.

Setelah perawatan awal selesai, saatnya mencuci pakaian seperti biasa. Cobalah mencuci pakaian dengan panas tertinggi yang dapat diterima kain karena Anda dapat meningkatkan daya pembersih untuk noda minyak. Lihat label perawatan untuk memastikan mencuci pakaian dengan benar.

Ketika mengeluarkan pakaian dari mesin cuci, Anda mungkin akan membawanya ke mesin pengering tanpa berpikir panjang. Di sinilah, kebanyakan orang melakukan kesalahan.

Penting memeriksa noda minyak saat pakaian masih basah. Jika noda minyak belum hilang, ulangi proses pencucian.

Anda harus benar-benar yakin bahwa noda minyak telah hilang karena mengeringkan noda dapat membuat pekerjaan semakin sulit. 

Menghilangkan noda minyak dari pakaian seharusnya tidak menimbulkan masalah, tetapi pastikan tidak menggunakan sabun pencuci piring berwarna-warni.

Untuk mendapatkan hasil pembersihan terbaik, gunakan air panas karena dapat membantu sabun mengurai noda berminyak. Dengan bantuan sikat gigi yang bersih, Anda dapat menggosokkan sabun di area yang terkena noda minyak.

Dengan hanya menggunakan gerakan melingkar, noda minyak seharusnya akan hilang. Jika  tidak lagi melihat noda minyak pada kain, cuci dengan panas tinggi untuk mengembalikan kilau pada pakaian. 

Menghilangkan noda minyak dari pakaian halus

Selanjutnya, cara menghilangkan noda minyak dari pakaian halus adalah berhati-hati agar tidak menggosok noda minyak secara berlebihan karena pakaian halus dapat lebih mudah rusak.

Untuk menghindari masalah, sangat disarankan menggunakan detergen khusus untuk pakaian halus.

Cara bagus yang bisa dicoba adalah menutupi noda dengan bedak atau tepung jagung. Jika potongan pakaian dibiarkan seperti itu di tempat yang hangat selama beberapa jam, bedak dapat bertindak sebagai penyerap yang kuat. Coba ulangi proses ini jika noda minyak masih ada.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/30/191508776/3-cara-menghilangkan-noda-minyak-dari-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke