Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Menata Barang di Rumah Kecil agar Tetap Teratur

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga barang-barang di rumah kecil agar tetap rapi dan teratur bisa menjadi tantangan tersendiri, terlebih jika memiliki cukup banyak barang.

Karena itu, penting untuk tetap terorganisir baik. Untuk barang-barang tidak berantakan dan tertata baik, Anda perlu memaksimalkan ruang sehingga rumah kecil lebih teratur dan nyaman. 

Dilansir dari Compact Appliance, Minggu (26/3/2023), berikut beberapa cara menata barang di rumah kecil agar tetap teratur.

Meletakkan rak terbuka di bawah tangga juga merupakan penggunaan yang bagus. Bagian ini terkadang terabaikan, tetapi memiliki banyak potensi sebagai ruang penyimpanan.

Singkirkan barang lama

Untuk setiap barang baru baik itu pakaian, furnitur, maupun peralatan yang akan dibeli, cobalah menyingkirkan barang lama yang tidak lagi digunakan atau rusak sebelum membeli barang baru. 

Jika tidak, ini akan membuat kekacauan lebih mudah terbentuk kembali. Jika tidak lagi menggunakannya, saatnya membuangnya.

Jadilah pemilih tentang apa yang Anda beli

Saat tinggal di rumah kecil, Anda harus selektif memiih barang yang akan dibeli. Hal ini merupakan cara efektif menjaga rumah tetap rapi dan teratur.

Berusahalah menggunakan setiap sudut ruangan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. 

Gunakan penyimpanan secara efektif

Salah satu hal penting menata rumah kecil adalah menggunakan ruang penyimpanan seefisien mungkin.

Sebagai contoh, Anda dapat membeli furnitur yang berfungsi ganda seperti meja kopi dengan laci atau  tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawahnya. 

Jika memiliki sepeda, Anda dapat menggantungnya di dinding adalah ???? ntuk menghemat ruang. Selain itu, meletakkan kotak-kotak penyimpanan di bawah tangga serta menggunakan lemari dan laci penyimpanan yang dirancang khusus untuk rumah kecil.

Maksimalkan ruang lemari

Lemari kemungkinan besar merupakan ruang penyimpanan utama di rumah sehingga penting memaksimalkan setiap jengkal di penyimpanan tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk memberikan ruang tambahan, seperti menggunakan tension rod sebagai penyimpanan ekstra untuk pakaian. 

Jangan biarkan barang-barang berserakan

Menjaga kebersihan ruangan sangat penting untuk mempertahankan tampilan dan nuansa yang teratur di rumah kecil.

Jangan biarkan barang-barang berserakan di lantai. Luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan dan membereskan barang-barang yang berantakan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/26/102614676/7-tips-menata-barang-di-rumah-kecil-agar-tetap-teratur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke