Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mencegah Kucing Liar Naik ke Atap Rumah

Untuk tempat di luar rumah, kucing suka memanjat dan bertengger di atap, terutam kucing liar. Hal ini karena kucing dapat melihat segala sesuatu dari tempat tinggi dan memberinya tingkat kewaspadaan tinggi terhadap pemangsa, 

Selain itu, saat yang bersamaan, banyak makanan yang disukai kucing di atap rumah, seperti burung, sehingga akan memburunya.

Namun, kondisi ini tak hanya membahayakan kucing, tetapi juga bisa merusak atap rumah dan mengganggu karena kucing sering mengeong keras saat berada di atas sana. 

Lebih buruk lagi, kucing dapat terjebak di atap rumah dan tak bisa turun. Namun, Anda tidak ingin mengambil risiko dengan naik ke atap, terutama jika baru saja turun hujan. 

Karena itu, langkah paling tepat mengusir kucing liar dari atap rumah adalah melakukan pencegahan. 

Dilansir dari The Paw Father, Jumat (17/3/2023), berikut sejumlah cara mencegah kucing liar naik ke atap rumah. 

Cari benda apa pun yang memudahkan kucing memanjat ke atap dan singkirkan benda tersebut. Anda perlu melakukan hal ini beberapa kali karena kucing memanjat atap menggunakan beberapa titik akses.

Pada akhirnya, kucing akan kehabisan cara naik ke atap rumah. Untuk pohon, Anda perlu memangkas cabang-cabang yang dapat mencapai atap atau tumbuh di samping atap. 

Alat penyiram sensor gerak

Selanjutnya, cara mencegah kucing liar naik ke atap rumah adalah memasang alat penyiraman sensor gerak. Alat ini akan mengejutkan kucing dengan menyeprotkan air dalam jumlah yang cukup. 

Alat penyiram ini akan menjaga atap selama 24 jam. Sensor akan menyala saat kucing mendekatinya dan membuat sahabat bulu menjauhi atap. Mengingat, sebagian besar kucing tidak menyukai air.

Namun, tak perlu khawatir, alat ini tidak akan menyakiti kucing. Sebaliknya, ini akan mengejutkannya dan membuatnya enggan naik ke atap rumah. 

Pasang produk ini di dekat tempat yang biasa digunakan kucing peliharaan untuk mengaksesnya. Jika kucing menggunakan banyak cara untuk mengakses atap, Anda mungkin  perlu membeli beberapa alat penyiraman sensor gerak untuk atap. 

Caranya, letakkan kulit lemon atau jeruk di dekat titik akses kucing dan mereka mungkin akan memilih menghindari area tersebut.

Sayangnya, Anda harus terus melakukan hal ini dari waktu ke waktu jika ingin tetap efektif karena kulit jeruk dan lemon akan membusuk.

Selain itu, bisamenggunakan cuka sari apel untuk mencegah kucing liar memanjat ke atap.

Namun, berhati-hati karena kulit jeruk dan lemon dapat membahayakan kucing dan anjing. Itu juga bisa menjadi alasan mengapa kucing cenderung menghindarinya.

Untuk cuka sari apel, dapat menyebabkan diare pada kucing, tetapi tidak beracun yang dapat membunuh mereka. Cukup gunakan cuka yang sudah diencerkan. 

Memasang pagar antikucing

Memasang pagar antikucing bisa menjadi cara mencegah kucing liar naik ke atap rumah, terlebih bila kucing mengakses atap dari pagar. 

Sebagai contoh, Anda dapat membeli jaring kucing yang akan mencegah kucing liar memanjat pagar untuk ke atap rumah. 

Penting diperhatikan, Anda juga dapat memasang jaring kucing di pepohonan, yang juga menjadi akses kucing memanjat ke atap rumah. 

Namun, erlu diingat, pagar ini mungkin berhasil untuk beberapa kucing, tetapi tidak menghalangi kucing yang paling tangguh. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/17/094755576/4-cara-mencegah-kucing-liar-naik-ke-atap-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke