Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Tips agar Lemari Pakaian Tidak Bau Apek

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari pakaian dapat dengan mudah berbau apak. Bau apak dapat berasal dari pakaian yang terlalu lama disimpan di dalam lemari. Kondisi lemari yang lembap dapat membuat jamur berkembang biak sehingga menimbulkan bau apak.

Supaya lemari pakaian tidak berbau apak, terdapat cara yang bisa dicoba, mulai dari membersihkan lemari, menggunakan ampas kopi, dan beberapa cara lain. 

Dilansir Love to Know, Rabu (15/3/2023), berikut beberapa tips agar lemari tidak bau apak dan tetap segar.

1. Bersihkan lemari

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan lemari. Kosongkan lemari pakaian, bersihkan rak dan dinding lemari dengan baik.

Cuci pakaian dan jika Anda menyimpan sepatu di lemari, bersihkan sehingga sepatu tidak bau.

2. Beri aroma yang kuat

Untuk memberi aroma yang kuat pada lemari, Anda dapat meletakkan lavender kering atau bahan-bahan herbal. Cara ini akan membantu mengusir bau apak.

3. Gunakan potpourri

Cobalah untuk menggunakan potpourri, yang merupakan pengharum dari bunga dan dedaunan kering. Letakkan semangkuk potpourri di dalam lemari untuk membuat lemari lebih wangi dan melawan bau apak.

4. Semprotkan parfum

Trik ini sangat baik untuk diterapkan pada pakaian dan linen. Berikan sentuhan aroma khas Anda pada lemari dengan cara menambahkan satu atau dua semprotan parfum.

5. Semprotkan cuka

Selain dikenal dapat membersihkan berbagai permukaan rumah, cuka juga dapat digunakan untuk melawan bau yang tidak diinginkan.

Tambahkan satu bagian cuka ke dalam empat bagian air dalam botol semprot, lalu semprotkan ke lemari. Anda dapat mengulanginya sesuai kebutuhan.

6. Gunakan ampas kopi

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan ampas kopi pada lemari. Simpan ampas kopi Anda, masukkan ke dalam mangkuk atau wadah plastik.

Letakkan di dalam lemari untuk menyerap bau yang tidak sedap.

7. Gunakan bubuk arang aktif

Arang adalah penyerap bau yang sangat baik, mulai dari mengatasi masalah sepatu yang bau hingga bau apak di lemari. Penggunaan arang aktif juga lebih aman daripada menggunakan penetral bau yang terbuat dari bahan kimia.

8. Bersihkan benda yang disimpan di lemari

Jika Anda ingin membersihkan lemari dan menyingkirkan bau apak, bersihkan juga barang-barang yang disimpan di dalamnya. Anda dapat mencuci pakaian atau menggunakan jasa penatu, dan membersihkan benda-benda lain di dalamnya dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/15/185200076/simak-tips-agar-lemari-pakaian-tidak-bau-apek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke