Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membunuh Gulma di Sela-sela Paving Block Pakai 2 Bahan Alami Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Gulma di paving block adalah masalah yang sering muncul, namun menghilangkannya bisa melelahkan. Menyiangi gulma di sela-sela paving block bisa tampak seperti tugas berkebun yang tidak ada habisnya.

Segera setelah Anda menyingkirkan gulma di paving block, tumbuhan liar itu bisa muncul lagi. Untuk memastikan bahwa gulma tidak ada lagi di sela-sela paving block, Anda bisa menghilangkkannya tanpa memerlukan bahan kimia.

Dikutip dari Express UK, Jumat (10/3/2023), produk pembasmi gulma yang dibeli di toko memiliki kandungan kimia yang tinggi. Oleh sebab itu, menggunakan bahan alami untuk membunuh gulma di sela-sela paving block bisa menjadi alternatif yang menarik.

Anda bisa menggunakan air mendidih dan cuka putih untuk membunuh gulma di sela-sela paving block. Tuangkan saja air mendidih dari ketel ke atas rumput liar.

Anda juga bisa menambahkan sedikit cuka putih ke air mendidih, kemudian siramkan ke atas gulma di paving block. Kombinasi ini diklaim bisa membunuh gulma yang membandel.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan air mendidih ke dalam botol semprot. Kemudian, tambahkan cuka putih dan semprotkan ke gulma di sela-sela paving block.

Paparan air mendidih beberapa kali akan membuat gulma mati dan tidak kembali ke area paving block.

Keasaman tinggi cuka putih sangat ideal untuk menargetkan gulma dan menghilangkannya untuk selamanya.

Namun, saat menggunakan cuka putih untuk membunuh gulma, pastikan untuk tidak menyemprotkan campuran tersebut pada tanaman hias di sekitarnya, karena dapat membunuhnya juga.

Jika Anda tidak suka menggunakan cuka putih, Anda selalu bisa menggunakan air mendidih saja. Air mendidih hampir secara instan menghancurkan gulma.

Panas air membunuh jaringan akar yang mengejutkan gulma.

Gulma akan layu dan mati dalam satu atau dua hari. Bersama dengan cuka putih, ini adalah salah satu cara terbaik untuk membunuh gulma di paving block di jalan setapak dan jalan masuk rumah.

Namun, seperti halnya cuka putih, air mendidih tidak boleh digunakan di halaman rumput atau hamparan bunga karena air dapat merusak rumput dan tanaman yang ingin dipelihara oleh tukang kebun.

Sebelum menggunakan cuka putih atau air mendidih pada paving block, yang terbaik adalah membuang area berdaun terlebih dahulu, lalu tuangkan. Ini akan membuat metode ini lebih efektif karena akan memungkinkan cuka atau air mendidih untuk menyerang akar, bukan hanya bagian atas gulma.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/10/202827976/cara-membunuh-gulma-di-sela-sela-paving-block-pakai-2-bahan-alami-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke