Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Menggunakan Loofah untuk Mencuci Piring dan Cara Pakainya

JAKARTA, KOMPAS.com - Di rumah, semua panci, piring, gelas, wajan, dan peralatan masak maupun peralatan makan lainnya perlu dibersihkan secara teratur agar bebas dari kotoran, kuman, dan bakteri. Mencuci piring lazim dilakukan dengan spons.

Namun, jika Anda ingin menggunakan alternatif spons yang lebih alami, Anda bisa menggunakan loofah. Karena berasal dari buah yang mengering, maka loofah bisa terurai secara alami pula.

Dikutip dari Eco Bravo, Sabtu (25/2/2023), loofah adalah spons alami ramah lingkungan dan bebas plastik. Loofah juga bekerja dengan baik di semua piring dan wajan.

Manfaat menggunakan loofah untuk mencuci piring

Ada beberapa manfaat menggunakan loofah untuk mencuci piring sebagai pengganti spons, yakni senagai berikut.

Bagaimana cara menggunakan loofah untuk mencuci piring?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari loofah, ambil mangkuk dan rendam dalam spons loofah selama kurang lebih 7 menit sebelum penggunaan pertama. Ini akan membantu loofah melunak agar mudah digunakan.

Ini juga mengarah pada perluasan loofah. Selanjutnya, setelah digunakan, disarankan untuk merendam loofah dalam semangkuk soda kue selama beberapa menit, lalu selalu pastikan Anda menjemur loofah hingga kering.

Akan lebih baik jika Anda terus mengeringkan loofah. Jika loofah basah, itu mengarah pada daya tarik bakteri.

Seberapa sering harus mengganti loofah?

Loofah harus segera diganti saat Anda melihat jamur tumbuh di atasnya. Jika tidak ada yang tumbuh di atasnya, Anda dapat terus menggunakan dan mengubahnya setelah satu bulan penggunaan.

Aspek menarik dari loofah alami adalah Anda dapat mendisinfeksinya di mesin pencuci piring. Anda dapat melakukan disinfeksi setiap minggu.

Anda juga bisa merendam loofah dalam larutan pemutih encer selama sekitar 5 menit. Jangan lupa bilas hingga bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/25/105700876/manfaat-menggunakan-loofah-untuk-mencuci-piring-dan-cara-pakainya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke