Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tanaman Hias Ini Bisa Tumbuh Subur dengan Kopi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi tidak hanya dinikmati oleh manusia, tapi kopi juga bermanfaat untuk tanaman. Ampas kopi sangat cocok untuk tanaman yang menyukai nitrogen.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (24/2/2023), menggunakan ampas kopi di tanah membantu mengurangi penyakit tanaman dan hama sambil meningkatkan retensi air.

Ampas kopi adalah sumber nitrogen yang baik, mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan di dalam tanah, dan membantu tanaman yang menyukai media tanam asam.

Anda dapat menggunakan ampas kopi untuk tanaman dengan cara berikut.

Setelah Anda menyeduh kopi dalam teko, gunakan sisanya untuk menyirami tanaman. Menggunakan satu cangkir per minggu untuk tanaman seperti impatiens, anggrek, dieffenbachia, dan violet Afrika adalah cara yang baik untuk membantu tanaman tumbuh dengan baik.

Ampas kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik. Campurkan 1 bagian ampas kopi dengan 3 bagian tanah kebun atau media tanam untuk hasil terbaik.

Menambahkan ampas kopi ke kompos juga disarankan.

Berikut beberapa tanaman hias yang tumbuh subur dengan kopi.

1. Christmas cactus

Rawat tanaman Christmas cactus dua kali seminggu dengan air yang dicampur kopi. Dikombinasikan dengan cahaya yang cukup, ini akan membantu tanaman tumbuh subur dan membantu berbunga juga.

2. Sirih gading

Sirih gading suka disiram sesekali dengan kopi hitam. Anda juga bisa menambahkan ampas kopi ke dalam tanah pot saat melakukan transplantasi dan melihat tanaman tumbuh subur dalam jangka panjang.

3. Philodendron

Tanaman hias yang indah ini menawarkan beragam varietas untuk tumbuh di dalam ruangan. Tambahkan ampas kopi ke dalam campuran pot atau cukup taburkan larutan kopi dan air untuk pertumbuhan yang subur.

4. Violet Afrika

Tanaman hias yang cantik ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menghadirkan semburat warna di dalam ruangan.

Ini adalah tanaman yang menyukai nitrogen dan asam, jadi Anda dapat menggunakan larutan kopi dan air untuk pertumbuhan terbaik.

5. Cyclamen

Tanaman hias yang menarik ini berbunga dari bulan Desember hingga April. Anda dapat membantu pertumbuhan yang lebat dengan sering menyiram cyclamen di musim berbunga dengan air dan larutan kopi.

6. Mawar

Sebagian besar spesies mawar, termasuk mawar mini, menyukai nitrogen dan tanah asam. Ampas kopi menyediakannya, yang mendorong pembungaan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan setengah cangkir kopi hitam per tanaman, setiap dua sampai tiga minggu sekali.

7. Tanaman giok

Tanaman giok atau jade plant menyukai kopi karena tanaman ini menyukai nitrogen. Unsur ini membantu tanaman untuk tetap berwarna gelap dan mendorong pertumbuhan batang yang tebal.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa tanaman batu giok tidak menyukai penyiraman yang berlebihan.

8. Lidah mertua

Tanaman yang mudah dirawat ini menikmati kopi sesekali. Buat larutan 2 bagian kopi dengan 3 bagian air dan taburkan di atas pot setiap tiga minggu sekali.

9. Lili paris

Tanaman ini populer karena memiliki dedaunan tipis, beraneka ragam, seperti laba-laba, lili paris tumbuh dengan baik di tanah asam ringan. Ambil satu bagian kopi dengan tiga bagian air untuk mendorong pertumbuhan tanaman pembersih udara ini.


10. Azalea

Tanaman ini cukup populer karena bunganya yang indah. Ampas kopi akan memastikan tanaman ini mekar dengan subur.

Letakkak tanaman ini di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau barat di rumah, dan tanaman akan tumbuh subur di dalam ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/24/101400676/10-tanaman-hias-ini-bisa-tumbuh-subur-dengan-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke