Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari 5 Kesalahan Menanam Tomat Ini, Bisa Sebabkan Gagal Panen

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tomat dapat dilakukan di halaman rumah Anda. Akan tetapi, seringkali ada beberapa kesalahan menanam tomat yang umum dilakukan, misalnya lokasi penanaman salah hingga tidak membuat mulsa.

Dikutip dari Express UK, Rabu (22/2/2023), pakar berkebun di This Is My Garden mengatakan, jika Anda ingin memanen tomat besar, mulailah dengan menghindari beberapa kesalahan menanam tomat yang paling umum.

Memulai menanam tomat dengan baik adalah kunci besar untuk tanaman tomat yang sehat.

Berikut beberapa kesalahan menanam tomat uang harus dihindari untuk memperoleh panen yang memuaskan.

1. Penanaman di lokasi yang sama

Menurut ahli, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan saat menanam sayuran di kebun adalah tidak merotasi tanaman dari tahun ke tahun, yang khususnya berlaku untuk tomat.

Ketika menanam tomat, kurangnya rotasi tanaman dapat benar-benar merusak tanaman tahun ini dan juga tanaman tomat di masa depan.

Tanaman tomat mengonsumsi banyak sumber daya dari tanah. Akan tetapi, tanpa nutrisi tanah yang tepat, tanamam tomat rentan terhadap berbagai penyakit yang ditularkan melalui tanah.

Baik busuk ujung buah dan hawar tomat, dua penyakit tanaman tomat yang paling parah, adalah hasil dari masalah tanah. Busuk ujung buah disebabkan oleh kekurangan kalsium di dalam tanah.

Sementara itu, spora hawar dapat bertahan di tanah dan bertahan untuk menghancurkan tanaman selama beberapa tahun.

Dengan rotasi, tanaman tomat dapat menemukan nutrisi yang dibutuhkan, dan mencegah penyakit. Untuk hasil terbaik, jangan pernah menanam tomat di tempat yang sama di taman setidaknya selama tiga tahun.

2. Menanam terlalu dini

Menanam terlalu dini menyebabkan banyak masalah bagi tanaman tomat muda yang lembut. Dari potensi kerusakan akibat cuaca, hingga membusuk dan berjamur. Anda perlu membiarkan cuaca yang lebih hangat untuk menetap sehingga suhu tanah juga bisa memanas.

3. Penanaman tidak cukup dalam

Tomat perlu ditanam dalam-dalam untuk mengembangkan akar yang kuat, sehat, dan tangguh, menurut pakar dari This Is My Garden. Ia menginstruksikan Anda menggali delapan hingga 10 inci untuk membuat lubang tanam, dan mengubur tanaman di bawah kumpulan daun pertama.

Saat mengisi lubang tanam gunakan beberapa kompos untuk memberi dorongan pada tanaman.

4. Tidak memasang ajir

Ini adalah salah satu kesalahan menanam tomat yang paling sering dilakukan. Menempatkan ajir atau pancang dan sangkar dalam beberapa hari atau minggu setelah tanam bisa menimbulkan masalah.

Sebelum menanam tomat, Anda harus memasang ajir atau penyangga tanaman tomat. Tidak hanya proses penambahan yang terlambat merusak tanaman dan akar tanaman.


Lalu lintas pejalan kaki juga memadatkan area tanah di sekitar akar saat Anda bekerja. Pemampatan itu dapat mencegah akar menyerap air dan nutrisi dari tanah, serta menghambat pertumbuhan.

Menunggu terlalu lama juga dapat menyebabkan kerusakan angin karena tanaman tumbang dan putus.

5. Tidak membuat mulsa

Kesalahan umum terakhir yang sering dilakukan saat menanam tomat adalah lupa membuat mulsa karena membiarkan tanah kosong akan menyebabkan semua jenis masalah.

Mulsa juga mengatur suhu tanah, menjaganya agar tidak melonjak atau jatuh pada hari yang dingin atau panas. Yang terburuk, gulma yang bersaing dengan mudah masuk di tanah kosong untuk mencuri nutrisi dari tanah.

Tanaman tomat sebaiknya dilapisi dengan lapisan jerami setebal dua hingga empat inci, serta kompos untuk membantu melindungi dan melindungi tanaman saat tumbuh.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/22/102800576/hindari-5-kesalahan-menanam-tomat-ini-bisa-sebabkan-gagal-panen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke