Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Paling Cerdas di Dunia, Ada German Shepherd dan Papillon

Kepatuhan ini meliputi duduk, diam, berlari, berenang, memberi salam, hingga tersenyum. Namun, tak dipungkuri, ada beberapa ras anjing yang paling mudah menangkap dan mengikut semua perintah dibanding ras lainnya.

Lantas, apa saja ras anjing paling cerdas? 

Stanley Coren, ahli neuropsikologi, menjawab pertanyaan tersebut dalam bukunya The Intelligence of Dogs.

Di dalamnya, Coren berteori tentang berbagai jenis kecerdasan anjing dan menggunakan satu jenis yang disebut "kecerdasan bekerja dan kepatuhan" untuk menilai serta membandingkan setiap ras.

Coren meminta 199 juri kepatuhan anjing profesional untuk menilai 110 ras anjing berdasarkan tes kerja dan kepatuhan. Konsensusnya jelas, menurutnya, tingkat kesepakatan di antara para juri sangat tinggi. 

Nah, dilansir dari Treehugger, Jumat (17/2/2023), berikut 10 ras anjing paling cerdas di dunia karena kemampuannya dalam belajar.  

Sebagai anjing penggembala, Border collie selalu mencari pekerjaan yang harus dilakukan. Pikiran mereka yang sangat aktif adalah alasan mengapa sangat penting untuk selalu menjaga anjing ini secara mental dan fisik terstimulasi.

Jika membiarkannya bosan, Border collie akan menghancurkan sejumlah perabotan rumah. Namun, ketika menggabungkan kecerdasan mereka yang tajam dengan atletis yang tinggi dan kemampuan berlatih bawaan, anjing Border collie unggul dalam semua jenis kompetisi, dari kelincahan, ketaatan, hingga bola terbang.  

Pudel

Dikenal karena keanggunannya, Pudel adalah ras anjing paling cerdas. Pudel hadir dalam tiga ukuran, yakni standar, miniatur, dan mainan.

Setiap ukuran memiliki otak yang sama besarnya dengan ketampanannya yang terkenal. Pudel dibiakkan sebagai anjing pelacak, khususnya anjing pelacak air karena kemampuan berenangnya.

Faktanya, nama Pudel berasal dari bahasa Jerman yang berarti "mencipratkan air". Ketika menambahkan kelincahan mereka dengan kecerdasannya, Anda akan mendapatkan anjing yang suka bermain serta cepat belajar.

Sayangnya, kualitas-kualitas ini juga yang menyebabkan Pudel secara historis dipilih dan dipaksa untuk tampil dalam pertunjukan sirkus.  

German shepherd sangat mudah dilatih dan mudah memahami instruksi. Tak heran, membuatnya menjadi pekerja serbaguna yang sejati seperti anjing penjaga, anjing pencari dan penyelamat korban bencana, serta anjing polisi. 

Namun, bukan berarti mereka tidak dapat dicintai. Anjing German shepherd memiliki ikatan erat dengan keluarganya, sahabat yang lembut dan penyayang, serta penjaga yang berdedikasi. 

Golden retriever

Golden retriever dikenal sangat ceria, menyenangkan, salah satu ras anjing paling cerdas, ramah, lembut, juga cepat mempelajari perintah.

Karena dibiakkan sebagai anjing pemburu, Golden retriever menginginkan pekerjaan. Golden retriever juga menjadi salah satu ras anjing paling populer sebagai anjing penuntun bagi tunanetra.

Golden retriver sangat peka terhadap emosi manusia, yang membuatnya juga menjadi anjing pendukung emosional yang populer.

Dikenal karena penampilannya yang sangat anggun, Doberman sangat memperhatikan lingkungannya dan cepat belajar.

Seperti banyak ras anjing paling cerdas lainnya, Doberman pinscher unggul dalam aktivitas seperti kepatuhan, pelacakan, dan kelincahan.

Namun, kecerdasan mereka yang tinggi dapat membuatnya memaksa atau terlalu curiga pada orang asing sehingga sosialisasi tepat serta pelatihan konsisten sangat penting. 

Shetland sheepdog

Shetland sheepdog atau Sheltie adalah anjing penggembala yang memiliki dorongan dan etos kerja tinggi. Anjing ini cerdas dan sangat ingin menyenangkan sehingga mudah dilatih sert sukses dalam kompetisi kepatuhan.

Selain itu, Shetland sheepdog dapat menangkap emosi orang-orang di sekitarnya. Shelties cenderung menggonggong, terutama saat merasa senang, bosan, takut, atau ada sesuatu yang tidak beres.

Kabar baiknya, anjing Shetland termasuk ras anjing paling cerdas. Dengan pelatihan tepat, mereka dapat belajar mengendalikan emosinya. 

Dengan menggabungkan kecerdasannya, sifatnya lembut, keramahan, dan tingkat aktivitasnya yang tinggi, Labrador adalah anjing peliharaan keluarga yang sempurna.

Kualitas-kualitas tersebut juga membuat Labrador retriever berkembang pesat dalam olahraga dan pelayanan. Anjing ini unggul dalam ketangkasan dan kompetisi serta dipekerjakan sebagai anjing penuntun bagi tunanetra. 

Seperti anjing yang cepat belajar dan memiliki otak aktif, anjing laboratorium harus tetap terstimulasi untuk mencegahnya bosan serta merusak. 

Meskipun terlihat mungil, Papillon sebenarnya sangat atletis. Papillon adalah favorit para pelatih ketangkasan yang menginginkan semua potensi otak dan fisik dalam satu paket kecil.

Di luar olahraga, papillon unggul sebagai anjing terapi karena kemampuan menjalin ikatan dengan manusia.

Bahkan di rumah, anjing Papillon perlu menjaga tubuh dan otaknya tetap aktif, jadi bermain game adalah suatu keharusan. 

Selain itu, anjing ini cukup berani sehingga membuatnya cenderung berpikir lebih besar dan kuat dari sebenarnya. 

Rottweiler memiliki penampilan yang mengintimidasi bagi orang luar, tetapi kenyataannya, mereka dapat menjadi anjing yang menyenangkan serta penyayang.

Rottweiler cepat belajar dan unggul dalam hal kepatuhan, menggiring, dan melacak. Mereka mudah dilatih, tetapi harus dilatih dengan benar. Instruksi tepat, tegas, dan berpengalaman sangat penting.

Kecerdasan dan sifat protektif bawaannya harus diasah untuk memastikan Rottweiler menggunakan karakteristik tersebut dengan cara benar. 

Australian cattle dog

Australian cattle dog dibiakkan untuk menjaga ternak agar tetap berada dalam barisan. Ras anjing berenergi tinggi, lincah, cerdas, juga memiliki ikatan kuat dengan pemiliknya.

Selain aktivitas fisik, Australian cattle dog harus ditantang secara mental. Teka-teki makanan dan permainan aroma adalah pilihan baik untuk stimulasi intelektual.

Menggonggong dapat menjadi tanda kebosanan bagi anjing ini, jadi jika anjing peliharaan mulai vokal, mereka mungkin membutuhkan sesuatu untuk menarik perhatiannya. 

Nah, itu dia 10 ras anjing paling cerdas di dunia. Anda tertarik memelihara yang mana? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/17/121000776/10-ras-anjing-paling-cerdas-di-dunia-ada-german-shepherd-dan-papillon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke