Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Pasalnya, ada beberapa ras anjing dan kucing di luar sana yang bisa akur dan berteman satu sama lain sehingga bisa memelihara keduanya di rumah. 

Namun, tak dipungkiri menjalanin persahabatan antara kucing yang pendiam serta rewel dengan anjing yang aktif dan ingin berinteraksi lebih dekat dengan teman sekamarnya tidak selalu mudah. 

Para pencinta anjing dan kucing tidak perlu khawatir. Pemilik kucing yang ingin menambahkan seekor anjing ke rumah mereka hanya perlu meluangkan waktu untuk menemukan anjing yang ramah serta akrab dengan kucing. 

Anjing terbaik untuk kucing adalah yang memiliki kepribadian relatif santai, lembut, dan mudah dilatih. 

Lisa Radosta, dokter hewan sekaligus ahli perilaku hewan bersertifikat di Florida Veterinary Behavior Service, Amerika Serikat, mengatakan anjing yang ingin dipelihara bersama kucing harus memiliki ciri-ciri kepribadian baik seperti bersifat lembut, berenergi rendah, dorongan memangsa dan mengejar rendah, mudah dilatih, mudah termotivasi dengan makanan, serta menggonggong rendah. 

Nah, dilansir dari Daily Paws, Selasa (7/2/2023), berikut ras anjing yang akrab dan bisa diperlihara bersama kucing.  

Tak hanya itu, Golden retriever mudah dilatih dan biasanya menerima sesama hewan peliharaan di rumah. Baik Golden retriever jantan maupun betina akan berusaha keras untuk berteman dengan kucing keluarga serta memulai waktu bermain.  

Labrador retriever

Memuncaki daftar American Kennel Club (AKC)—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat— sebagai ras anjing paling populer sejak 1991, Labrador retriever yang penuh kasih sayang ini merupakan hewan peliharaan keluarga yang senang bermain-main dan menghabiskan energi dengan anak-anak.

Labrador retriever tidak memiliki tulang yang kejam dalam tubuhnya dan merupakan ras anjing yang akrab dan bisa diperlihara bersama kucing.  

Seperti halnya kucing lainnya, Pug memiliki kegemaran memeluk hangat dan lebih menyukai gaya hidup malas atau senang meringkuk.

Selain itu, anjing Pug dan kucing memiliki ukurannya yang mirip, dengan berat hanya 6,3 kilogram, serta dapat menikmati kecepatan yang sama dalam menangkap sesuatu. Pastikan memberikan keduanya kehangatan meringkuk.  

Boston terrier

Selanjutnya, ras anjing yang akrab dan bisa dipelihara bersama kucing adalah Boston terrier.

Boston terrier dikenal suka berada di dekat pemiliknya dan tampaknya tidak keberatan jika ada teman berbulu lainnya yang ikut serta dalam perjalanan atau berada di rumah. 

Faktanya, sifat angkuh Pomeranian mungkin selaras dengan sifat superioritas kucing dan keduanya akan menjadi pasangan sempurna untuk membuat Anda tetap waspada. 

Bulldog

Bulldog memiliki tampilan seram, seperti badan berotot dan gempal serta wajah datar dan berlipat. Namun, nyatanya Bulldog adalah anjing yang baik, lembut, serta senang meringkuk.

Meski banyak maskot Bulldog yang berhadapan dengan "macan kumbang" atau "kucing hutan" di lapangan, Bulldog tidak memiliki masalah dengan kucing di luar bidang olahraga serta menjadi ras anjing yang akrab dan bisa dipelihara bersama kucing di rumah.  

Menurut National Beagle Club of America, Beagle paling bahagia ketika dapat hidup dan menjadi bagian aktif dari kehidupan keluarga. 

Anak anjing ini jelas tidak suka ditinggal sendirian (tidak lebih dari empat hingga lima jam sehari) sehingga kucing di rumah dapat menjadi teman sempurna untuk membantu menemaninya saat Anda tidak bisa berada di rumah.  

Great pyrenees

Dapat dibandingkan dengan beruang kutub, Great pyrenees yang lembut, besar, dan penuh tanggung jawab ini sering kali senang menyendiri, kepribadian yang juag dimiliki kucing.

Anjing Great pyrenees menikmati waktu yang tenang untuk menjelajah dan paling senang berada di rumah dengan halaman berpagar yang luas sehingga memiliki waktu bebas untuk berkeliaran.

Meski ukurannya besar, Great pyrenees umumnya dikenal sebagai anjing yang lembut sehingga membuatnya menjadi ras anjing yang akrab dan bisa dipelihara bersama kucing di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/07/134500876/8-ras-anjing-yang-akrab-dan-bisa-dipelihara-bersama-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke