Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kasur agar Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur dapat dikatakan merupakan benda di rumah yang paling sering digunakan. Akan tetapi, pada saat yang sama, kasur juga sering kali diabaikan dalam hal perawatan dan pembersihan.

Faktanya, banyak orang bertahun-tahun tidak membersihkan kasur dan beberapa mengaku tidak pernah membersihkan kasur sama sekali.

Kasur yang kotor dapat menjadi sarang bakteri, karena kasur dapat menumpuk tungau debu, bakteri, jamur, kulit mati, kotoran, dan berbagai alergen dari waktu ke waktu, kata Kathy Cohoon, profesional kebersihan di Two Maids and a Mop, dikutip dari Real Simple, Rabu (28/12/2022).

Michael Rubino, seorang ahli kebersihan dan pendiri HomeCleanse menjelaskan, menjaga kasur tetap bersih tidak hanya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas tidur, tetapi bahkan dapat meningkatkan masa pakai kasur dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan yang lebih baik.

Berikut cara membersihkan kasur agar tahan lama.

Seberapa sering harus membersihkan kasur?

Luangkan waktu untuk membersihkan kasur Anda setiap enam bulan sekali untuk menghindari kerusakan besar atau kotoran, debu, dan penumpukan sel kulit mati, saran Cohoon.

Cara membersihkan kasur lebih mudah dari yang Anda pikirkan dan tidak memakan waktu terlalu lama.

Selain itu, jika Anda memasukkan tugas tersebut ke dalam hari pembersihan mendalam rumah, Anda dapat mengerjakan pekerjaan lain di sela-sela langkah pembersihan kasur.

Pemilik rumah harus membersihkan kasur lebih sering jika melihat peningkatan gejala alergi atau asma atau jika kasur mereka kehilangan konsistensi, ujar Rubino.

Cara membersihkan kasur

Mungkin salah satu alasan mengapa orang tidak membersihkan kasur adalah karena mereka tidak tahu caranya. Berikut cara membersihkan kasur dengan mudah.

Lepas dan cuci seprai dan selimut. Masukkan semuanya ke dalam mesin cuci, termasuk duvet atau pelapis kasur.

Gunakan vacuum cleaner genggam atau sambungan selang untuk menyedot kotoran kering, debu, dan kotoran lepas dari kasur. Anda disarankan menggunakan vacuum cleaner HEPA, yang memiliki sistem filtrasi kuat yang membantu mendapatkan pembersihan terbersih.

Bersihkan noda apa pun sebelum pembersihan umum . Cohoon merekomendasikan untuk mencampurkan air dingin dan hidrogen peroksida dengan perbandingan yang sama, lalu mengoleskannya dengan kain lembut.

Bersihkan dengan air dan biarkan area tersebut mengering. Jika Anda membutuhkan bahan pembersih yang lebih kuat, gunakan produk yang aman untuk kain atau kasur.

Taburkan soda kue di kasur. Biarkan baking soda selama sekitar satu jam sehingga dapat menetralkan bau dan bakteri.

Sambil menunggu, sirkulasikan udara di dalam ruangan dengan kipas angin dan buka jendela, jika memungkinkan, untuk menghilangkan bau dan menghilangkan bakteri, saran Cohoon.

Sedot semua sisa soda kue dengan vacuum cleaner, pastikan untuk menghilangkan bubuk yang berpindah ke lipatan.

Balik kasur Anda dan ulangi prosesnya. Lakukan langkah ini hanya jika kasur memiliki dua sisi dan dapat dilipat.

Hindari menggunakan bahan kimia yang keras, yang dapat memecah busa memori di dalamnya. Pembersih lembut adalah pilihan yang lebih baik.

Juga hindari menjenuhkan bahan secara berlebihan, karena busa memori cenderung menahan kelembapan.

Cara membersihkan noda urine di kasur

Anda perlu menangkap noda dan membersihkannya sesegera mungkin. Pertama, lepaskan dan cuci seprai, selimut, dan pelapis kasur. Kemudian gunakan pembersih enzim untuk mengobati area yang terkena dan biarkan mengering dengan baik, jelas Cohoon.

Taburkan kasur dengan soda kue dan diamkan selama satu jam untuk menyerap bakteri dan bau apa pun, lalu sedot dengan baik menggunakan vacuum cleaner.

Cara membersihkan kasur berjamur

Sayangnya, cara terbaik menangani jamur pada kasur adalah dengan mengganti kasur dengan yang baru. Itulah satu-satunya cara untuk memastikan semua kontaminasi dihilangkan, sebut Rubino.

Jika itu adalah titik kecil, Anda dapat mencoba membersihkannya, tetapi Anda tidak pernah tahu seberapa dalam masalah kontaminasi jamur di kasur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/28/155100876/cara-membersihkan-kasur-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke