Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Asal Turki yang Kuat dan Setia pada Pemiliknya

Namun, ada hal menarik dari Turki yang membuatnya berbeda dengan negara lain, salah satunya keberadaan anjing liar. 

Meski mayoritas penduduk beragama Islam, Turki terkenal sebagai negara yang ramah pada anjing dan memiliki beberapa ras anjing asli.

Misalnya, di Istanbul, kota terbesar di Turki, menjadi kota yang terkenal dengan populasi hewan liar, termasuk anjing. 

Di kota bersejarah itu, anjing liar bebas berkeliaran di jalanan, bahkan menjadi pemandangan yang biasa dijumpai. Namun, walau liar, anjing-anjing ini terawat serta diperlakukan sangat baik oleh penduduk Istanbul maupun masyarakat Turki. 

Selain itu, anjing liar ini tidak menggonggong, mengganggu, bahkan menyerang orang-orang yang berlalu-lalang sehingga masyarakat pun akan memperlakukan hewan tersebut dengan baik. 

Anjing-anjing liar di Turki ini terdiri atas beberapa ras yang menjadi jenis asli negara The Sick Man of Europe itu. Apa saja? 

Dikutip dari Hepper, Jumat (16/12/2022), berikut ras anjing asal Turki. 

Anjing Akbash memerlukan sosialisasi dini untuk memastikannya tidak memiliki masalah perilaku serta bisa akrab dengan orang atau anjing lain di luar rumah.

Akbash adalah ras anjing berenergi rendah dan lebih suka bermalas-malasan daripada berlari dan bermain.

Anatolian shepherd 

Selanjutnya, ras anjing asal Turki adalah Anatolian Shepherd. Ini adalah anjing penjaga bertubuh besar serta keturunan langsung dari salah satu ras anjing tertua di dunia. 

Tidak ada yang terlalu berbeda dari anjing Anatolian shepherd hari ini dengan yang ditemukan pada 6.000 tahun lalu.

Anatolian shepherd adalah ras anjing yang tenang dan berkepala dingin yang menunjukkan kesabaran serta kehati-hatian sampai terpancing. Anatolian shepherd sangat setia dan menjaga pemiliknya.  

Anjing Kangal memiliki gigitan terkuat dari ras apa pun di dunia. Kangal akan mengeluarkan tarik dan gigitan terkuatnya saat keluarga manusia mereka terancam.

Namun, anjing ini ramah dan manis pada pemilik serta anak-anak, tapi tidak dengan hewan peliharaan lainnya.

Jika berencana memiliki Kangal, pastikan mereka satu-satunya hewan peliharaan di rumah dan menyosialisasikan segera. 

Aksaray malaklisi

Raksasa ini juga dikenal sebagai Mastiff Turki atau Singa Anatolia. Secara historis, anjing Aksaray malaklisi digunakan orang Asyur sebagai anjing perang yang dilatih untuk mengenali baju besi musuh guna menjatuhkan mereka dalam pertempuran.

Meski tidak berbagi gigitan besar, Malaklisi memiliki nenek moyang yang sama dengan anjing Kangal. Saat ini, sebagian besar Aksaray malaklisi digunakan sebagai anjing penjaga ternak seperti kebanyakan ras anjing asal Turki lainnya.

Catalburun adalah ras anjing yang sangat langka dan jarang ditemukan di luar Turki. Tidak seperti kebanyakan ras dalam daftar ini, Catalburun bukan anjing penjaga, tetapi pemburu — dan salah satu yang terbaik.

Hidung anjing Catalburun yang terbelah sangat tajam dalam menangkap bau dan seperti ras Pointer yang lebih besar dapat tetap diam sambil menunjukkan kepada rekan berburu mereka lokasi mangsa bersembunyi.

Anatolian sultanic 

Anjing pemburu ini memiliki banyak nama, termasuk Greyhound Turki dan Anadolu Sultan Tazizi. Dibandingkan dengan banyak anjing pemburu lainnya, Anatolian sultanic bertubuh relatif pendek, tapi sangat gesit mengejar mangsa seperti kelinci, rubah, dan ayam hutan.

Anjing Anatolian Sultanic mendapatkan nama mereka dari penampilan pertamanya yang tercatat dalam sejarah, yakni salah satu anjing ini digambarkan di sisi Sultan Suleiman yang Agung. 

Rize koyun 

Rize koyun berasal dari anjing Molosser. Rize koyu adalah ras anjing besar dan kuat yang digunakan sebagai penjaga ternak serta pelindung kawanan jika terjadi serangan yang tidak diinginkan.

Ras anjing asal Turki ini juga terkenal karena gonggongannya yang ganas untuk membantu memperingatkan pemiliknya akan bahaya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/16/123000776/7-ras-anjing-asal-turki-yang-kuat-dan-setia-pada-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke