Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Desain Kamar Tidur yang Perlu Dihindari

Untuk itu, penting bagimu agar melihat bagaimana kondisi ruang dan desain yang ada di kamar tidurmu.

Jadi, sebelum kamu mulai mendesain kamar tidurmu, ketahui kesalahan apa saja yang perlu dihindari agar benar-benar menciptakan tempat peristirahatan yang tenang dan nyaman.

Dilansir dari Houzz, Rabu (14/12/2022), berikut ini adalah lima kesalahan desain kamar tidur yang perlu dihindari.

Tapi, pastikan kamu memeriksa dengan tepat berapa banyak ruang yang terpakai oleh tempat tidur berukuran besar.

Tempat tidur yang tampak terlalu besar di dalam ruangan kamar tidur dapat menyebabkan kaki atau tiang tempat tidur menjadi penghalang.

Ingatlah bahwa kamu mungkin juga perlu memasukkan furnitur lain maupun tempat duduk di dalam kamar tidurmu.

Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Jika saat ini kamu mengumpulkan memar karena sering bertabrakan dengan tempat tidur, pertimbangkan dengan cermat ukuran tempat tidur barumu.

Lorong di kedua sisi tempat tidur harus nyaman untuk dilalui tanpa harus terjepit ke samping. Selain itu, area di ujung tempat tidur juga harus memiliki banyak ruang untuk bergerak.


Kuncinya adalah realistis tentang ukuran ruang di kamar tidurmu dan pilih tempat tidur terbesar yang sesuai dengan ruang yang ada.

Salah satunya adalah untuk item furnitur yang spesifik dan menarik untuk digunakan sebagai lemari pakaian dan yang lainnya adalah menciptakan ruang penyimpanan yang cukup untuk semua pakaian, sepatu, dan tas.

Lemari yang elegan mungkin cocok dengan gaya tempat tidur dengan sempurna, tetapi lemari itu bisa kekurangan kapasitas untuk semua barang yang secara realistis kamu inginkan untuk ditempatkan di dalamnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum melakukan pembelian impulsif, luangkan waktu untuk memeriksa ruang fisik pakaian yang perlu kamu simpan.

Gunakan pita pengukur dan catat ruang gantung yang dibutuhkan dan jangan lupa memikirkan bagaimana kamu akan menyimpan sepatu juga.

Lemari yang dipasang dapat memecahkan banyak masalah penyimpanan dengan ruang gantung, rak, bahkan laci.

Kamu bisa membuatnya dibuat untuk ruangan. Dalam hal ini kamu memiliki pilihan untuk membawanya ke langit-langit, atau mencari beberapa furnitur modular yang dapat didesain sendiri.

Soket ganda tradisional di belakang tempat tidur pada satu waktu cukup, tetapi sekarang dapat menjadi kelebihan beban dengan multi-colokan dan menumbuhkan jalinan kabel yang berantakan.

Bagaimana cara menyelesaikannya?

Jika merencanakan renovasi, buatlah daftar semua gadget yang akan dicolokkan secara teratur dan pastikan kamu memiliki sumber listrik yang cukup untuk semuanya.

Bahkan jika tidak merencanakan proyek skala besar, kamu bisa mendapatkan saran dari ahli listrik tentang kelayakan menjalankan beberapa soket tambahan di sekitar ruangan.

Pencahayaan yang terlalu mencolok

Sangat mudah untuk membuat kamar tidur terlihat mencolok dan kosong hanya dengan satu lampu utama di plafon.

Hindari kesalahan ini dengan hanya memiliki pencahayaan terang dan umum di kamar tidur, serta bertujuan untuk suasana hati yang nyaman.

Bagaimana cara menyelesaikannya?

Sebagian besar kamar tidur mendapat manfaat dari beberapa lampu samping tempat tidur, bahkan beberapa lampu dinding atau LED tersembunyi.

Lampu dinding biasanya harus direncanakan dan dipasang oleh ahli listrik, tetapi dimungkinkan untuk menemukan lampu dinding yang dapat dicolokkan ke stopkontak.

Pilih bola lampu dan LED berwarna hangat di ruang kamar tidur untuk suasana yang lebih tenang.


Tidak ada tempat untuk duduk

Tidak setiap kamar tidur memiliki ruang untuk perabot tambahan. Tapi, memiliki tempat untuk duduk saat berpakaian bisa sangat berguna.

Bagaimana cara untuk mengakalinya?

Kursi berlengan yang rapi di sudut atau bangku di kaki tempat tidur akan menyediakan tempat duduk yang bagus.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/14/124300376/5-kesalahan-desain-kamar-tidur-yang-perlu-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke