Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar dengan Satu Warna Cat

Caranya, menggunakan berbagai elemen dekorasi, salah satunya cat. Trik menggunakan cat untuk memberikan kesan luas pada ruangan disebut dengan teknik color drenching. 

Caranya, memilih satu warna dan mengaplikasikannya ke beberapa permukaan dalam satu ruang. Namun, apakah mengecat ruangan dengan satu warna bisa membuatnya terlihat lebih besar?

Lisa Alward, Kepala Desainer Interior di Bella Vie Interiors dan penulis buku Beautiful Life, mengatakan satu warna yang diaplikasikan ke beberapa permukaan dinding benar-benar dapat membantu memberikan ilusi ruangan yang lebih besar.

“Color drenching secara efektif membuat semuanya menyatu, memungkinkan Anda membuat pernyataan dengan memilih titik fokus yang kontras di sebuah ruangan. Di ruangan kecil, garis visual yang lebih sedikit membuat ruang terlihat lebih besar," katanya dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (1/12/2022).   

“Pertama, pertimbangkan orientasi ruangan dan cahaya alami yang diterimanya. Jika ruangan mendapatkan banyak cahaya alami, gunakan warna lebih sejuk karena sinar matahari akan menghangatkan warna," ujar Lisa.

Di ruangan yang tidak menerima banyak sinar matahari alami, Anda mungkin harus menggunakan warna lebih hangat, yang akan membantu membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Kedua, pilih warna yang berbicara kepada Anda. Apakah itu membuat Anda merasa bahagia, berenergi, tenang, dan tenteram? 

Sebelum membuat keputusan akhir, cat beberapa sampel untuk melihat bagaimana cahaya di ruangan memengaruhi warna cat. 

Bagaimana memperbesar ruangan dengan cat? 

Setelah memilih warna cat, saatnya mulai mengecat. “Untuk membuat ruang kecil terasa lebih besar, cat pintu, plafon, dan trim dengan warna yang sama dengan dinding untuk membuat ruangan menyusut sehingga apa pun yang Anda masukkan ke ruangan menjadi dekorasi menarik,” kata Lisa.

Mencocokkan warna lemari dengan warna dinding dapat bekerja sangat baik di ruang kecil.

Lisa mengatakan mengecat plafon dengan warna sama dengan dinding di ruangan kecil, nyaman, dan intim.

Setelah itu, mempertimbangkan perabot seperti gorden, bantal, lampu, dan karpet. Pola dengan warna yang sama dapat digunakan untuk memecah blok warna yang lebih besar serta menambah daya tarik visual. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/01/151100676/cara-membuat-ruang-kecil-terlihat-lebih-besar-dengan-satu-warna-cat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke