Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Bahaya Membersihkan Peralatan Stainless Steel dengan Pemutih

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemutih terkenal sebagai salah satu produk pembersih yang bisa digunakan di berbagai macam permukaan, mulai dari pakaian hingga lantai.

Sebab, mereka memiliki sifat yang ampuh membasmi kuman dan kotoran yang menempel, sehingga membuat hunian terasa lebih bersih dan higienis.

Akan tetapi, ternyata ada satu material yang menjadi pengecualian, yakni stainless steel. Permukaan dan benda apa pun yang berbahan stainless steel sebaiknya tidak dibersihkan dengan pemutih.

Dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (29/11/2022), apa yang membuat stainless steel tahan karat adalah lapisan pelindung kromium oksida.

Mereka terbentuk saat kromium dalam stainless steel bersentuhan dengan oksigen. Saat lapisan terganggu oleh lecet atau pembersih keras seperti pemutih, kualitasnya terganggu.

Karat atau bekas lubang (pit marks) bisa terbentuk dan menyebar dengan cepat. Saat mengisi wastafel stainless steel dengan pemutih untuk merendam botol minum, misalnya, mungkin kamu melihat munculnya karat atau lubang.

Tentunya, membersihkan peralatan stainless steel sangat penting, terutama permukaan seperti gagang kulkas dan microwave. Namun, gunakan metode yang lebih lembut.

Salah satu cara untuk membersihkan permukaan stainless steel adalah cukup dengan air sabun saja, diikuti dengan pemoles khusus stainless steel atau sedikit minyak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/29/090031076/ketahui-bahaya-membersihkan-peralatan-stainless-steel-dengan-pemutih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke