Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Cara Mengatasi Seprai Putih yang Menguning

JAKARTA, KOMPAS.com – Seprai putih dapat membuat kamar tidur tampak lebih cerah, lebih luas, dan lebih bersih.

Sebab, warnanya membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Inilah mengapa seprai putih lebih dipilih oleh beberapa orang dengan kamar tidur berukuran kecil.

Akan tetapi, seprai putih cenderung lebih rentan mengalami perubahan warna, yakni menguning, meski sudah rajin dicuci.

Hal ini membuat perawatan seprai putih cukup menantang. Dilansir dari Amerisleep, Minggu (27/11/2022), ketahui penyebab seprai putih menguning dan cara mengatasinya.

Seprai putih bisa berubah warna menjadi kuning karena usia dan penggunaan yang cukup lama. Keringat, minyak tubuh, losion, dan produk perawatan kulit lainnya bisa menumpuk.

Walhasil, semburat kekuningan pun muncul pada seprai putih. Mereka pun umumnya tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi seprai putih yang menguning

Ada beberapa barang sederhana yang bisa digunakan sebelum, selama, atau setelah mencuci seprai putih dengan detergen biasa untuk memutihkannya kembali.

Kemudian, sebaiknya cuci seprai dengan air panas karena suhu tinggi membunuh alergen. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ragam cara memutihkan kembali seprai putih yang menguning.


 

1. Boraks

Tambahkan 118 mililiter (ml) boraks ke dalam 4 liter air. Aduk hingga rata, dan rendam seprai putih yang menguning di dalam larutan semalaman. Lalu, cuci seperti biasa dengan detergen yang biasa digunakan.

Campurkan 118 ml cuka dengan 4 liter air hangat. Aduk hingga rata dan rendam seprai selama satu jam. Cuci seprai seperti biasa.

3. Baking soda

Selain menjadi bahan dapur, baking soda juga berfungsi sebagai penetral bau dan pemutih alami. Tambahkan 64 gram baking soda ke detergen yang biasa digunakan untuk meningkatkan daya pembersihan.

4. Air perasan lemon

Asam sitrat pada lemon adalah zat pemutih alami. Tuangkan air perasan lemon yang didapat dari satu buah lemon ke dalam mesin cuci dan cuci seprai seperti biasa.

5. Pemutih

Pemutih dikenal dapat memutihkan apa pun, bahkan pakaian berwarna. Namun, mereka memiliki efek sebaliknya pada seprai putih yang menguning.

Sebab, mereka mengandung klorin. Secara kimiawi, klorin bereaksi dengan protein dalam keringat dan minyak tubuh yang menempel pada seprai, sehingga menyebabkan bintik-bintik kuning muncul.

Untuk menggunakan pemutih, cuci seprai terlebih dulu dengan detergen yang biasa digunakan. Ini untuk menghilangkan keringat dan minyak tubuh yang menempel.

Setelah itu, cuci kembali dengan menambahkan 118 ml pemutih ke dalam mesin cuci dan cuci seprai seperti biasa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/27/174553476/penyebab-dan-cara-mengatasi-seprai-putih-yang-menguning

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke