Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Menjaga Kucing Tetap Hangat Selama Cuaca Dingin

Namun, semua itu memiliki batasnya. Sama dengan manusia tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama dalam suhu dingin yang berlebihan, begitu juga kucing. 

Kucing harus berada dalam suhu lingkungan hangat untuk bertahan hidup. Namun, setiap ras kucing memiliki toleransi dingin yang berbeda.

Misalnya, kucing Norwegian Forest memiliki toleransi lebih baik terhadap cuaca dingin daripada kucing Arabian Mau.

Menjaga kucing peliharaan tetap hangat selama cuaca dingin atau musim hujan dapat membuatnya tetap sehat. Nah, berikut cara menjaga kucing tetap hangat selama cuaca dingin disadur dari Petkeen, Sabtu (26/11/2022). 

Namun, bila kucing peliharaan senang berada di luar ruangan sepertu teras dan taman, pastikan pintu masuk ke tempat perlindungannya selalu berfungsi dan tidak pernah terhalang, terutama selama cuaca dingin.

Setiap kucing harus memiliki tempat berlindung agar tetap hangat dan aman dari cuaca dingin. 

Isolasi

Memiliki tubuh berukuran lebih kecil, kucing memiliki permukaan lebih besar dari total massa mereka yang terpapar lingkungan. Akibatnya, kucing kehilangan panas tubuh lebih cepat daripada makhluk yang lebih besar.

Menyediakan tempat lebih kecil dan terisolasi untuk kucing dapat menjadi cara menjaga kucing tetap hangat selama cuaca dingin.

Ruang yang lebih kecil menambahkan lapisan insulasi ekstra lebih hangat daripada ruang terbuka yang besar. Bahkan, kotak kardus memberikan insulasi tambahan dan membantu kucing tetap hangat. Jangan lupa berikan kain sebagai alas. 

Bantalan pemanas

Selanjutnya, cara menjaga kucing tetap hangat selama cuaca dingin adalah menggunakan bantalan pemanas.

Beberapa di antaranya dapat dipanaskan dengan microwave, yang memungkinkan Anda memastikan suhunya stabil dan dapat bertahan memberikan kehangatan selama sahabat bulu tidur. 

Namun, tetap mengawasi kucing saat menggunakan perangkat listrik seperti bantalan pemanas listrik. Pastikan tidak membiarkan kucing berbaring langsung di atas bantalan, tetapi letakkan selimut atau bantal di antara mereka dan perangkat. 

Kenakan jaket

Sama dengan kita, kenakan sweater dan jaket musim dingin pada kucing untuk menjaganya tetap hangat dan sehat, terutama saat keluar rumah.

Poin ini sangat penting dan merupakan keharusan bagi kucing yang tidak berbulu seperti Sphynx. 

Ini sangat penting selama musim dingin. Pertimbangkan memberi kucing ruang di tempat tidur Anda. Namun, berhati-hatilah, begitu kucing terbiasa tidur di tempat tidur Anda, kemungkinan Anda tidak akan dapat memiliki tempat tidur sendiri pada musim panas mendatang. 

Lebih banyak waktu bermain

Terakhir, cara menjaga kucing tetap hangat selama cuaca dingin adalah lebih banyak bermain dengannya. Mainan interaktif, pena laser, serta pohon kucing dapat membuat kucing bergerak sehingga membantunya tetap hangat dari dalam seperti ketika manusia berolahraga.

Ini juga dapat membuat kucing terstimulasi secara fisik dan mental serta memperkuat ikatan antara Anda dan kucing peliharaan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/26/180800876/7-cara-menjaga-kucing-tetap-hangat-selama-cuaca-dingin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke