Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, 8 Cara Menghilangkan Bau Gosong di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau gosong bisa menyebar di dapur karena berbagai macam alasan, salah satunya ketika membiarkan kompor menyala terlalu lama hingga membuat masakan gosong. Bau gosong di dapur bisa sulit untuk dihilangkan.

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau gosong di dapur adalah dengan membuka jendela atau pintu. Akan tetapi, bagaimana jika cara itu tidak memungkinkan?

Dikutip dari The Kitchn, Selasa (14/11/2022), berikut beberapa cara menghilangkan bau gosong di dapur dengan mudah.

1. Buang makanan yang gosong

Sebagai permulaan, singkirkan makanan yang gosong sesegera mungkin.

Memasukkan makanan ke dalam kantong plastik dan mengikat ujungnya dan/atau membuang sampah ke tempat sampah luar akan menghilangkan sumber bau dari rumah dan sangat membantu dalam menghilangkan bau gosong dengan cepat.

2. Bersihkan peralatan masak yang gosong sesegera mungkin

Pastikan panci dan wajan dingin sebelum mencucinya sehingga Anda tidak mengambil risiko melengkungkannya. Setelah itu, bersihkan secepatnya untuk menghilangkan bau makanan yang gosong di sumbernya.

3. Gunakan soda kue

Soda kue atau baking soda adalah penyerap bau alami yang sudah ada di dapur. Taburi panci atau wajan dengan sedikit baking soda.

Untuk bau gosong yang tidak hilang, Anda juga dapat mencoba menempatkan mangkuk soda kue terbuka di sekitar kompor.

4. Gunakan kopi

Anda juga dapat menggunakan bubuk kopi atau bahkan biji kopi dalam mangkuk untuk menyerap bau gosong dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan soda kue. Nitrogen dalam kopi membantu menghilangkan bau.

5. Rebus cuka putih

Cuka putih sangat bagus untuk menetralkan bau, tetapi bisa memiliki bau yang kuat, jadi cobalah ini untuk menghilangkan bau yang membandel.

6. Tuangkan garam pada noda gosong yang masih panas di dalam oven

Jika sesuatu tumpah di dalam oven dan kemudian terbakar, Anda bisa menuangkan garam di atasnya sampai dingin. Dengan cara ini, Anda dapat mengatasi bau sebelum oven cukup dingin untuk mengatasi bahan makanan yang sebenarnya.

7. Didihkan air dan potongan jeruk

Untuk panci yang berbau lebih harum, bawalah panci berisi air dengan potongan jeruk, beberapa rempah yang harum seperti rosemary, dan beberapa batang kayu manis untuk didihkan di atas kompor.

8. Kapas dan vanila

Ini adalah solusi lain yang dibuat dari sesuatu yang sudah Anda miliki di dapur. Ambil beberapa bola kapas, rendam dalam esens vanila, dan letakkan di mangkuk di sekitar area yang berbau gosong.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/15/082100176/mudah-8-cara-menghilangkan-bau-gosong-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke