Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Kopi dan Teh pada Cangkir

Akan tetapi, seiring waktu, zat pewarna dalam teh dan kopi, yang dikenal sebagai tanin, menempel pada permukaan seperti cangkir dan mug sehingga membuat cangkir terlihat kotor.  

Dilansir dari The Express, Selasa (1/11/2022), tanin atau asam tanat adalah zat yang memberi warna pada teh dan kopi.

Zat ini tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi membuat mug terlihat kotor, bahkan setelah dibersihkan denga mesin pencuci piring.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan tablet pembersih gigi palsu dan air mendidih yang diamkan sebentar pada noda, kemudian cuci gelas atau mug seperti biasa. 

Saat ditempatkan dalam cangkir dengan air panas, tablet akan mulai mendesis dan bekerja menghilangkan noda coklat pada cangkir.

Disarankan membiarkannya terendam setidaknya 10 menit dan ulangi jika masih terdapat noda. Tablet pembersih gigi palsu dapat dibeli dari sebagian besar supermarket atau toko lainnya. 

Gunakan garam dan air

Selain tablet pembersih gigi palsu, garam juga membantu menghilangkan noda yang menempel pada mug. Buat pasta dengan garam dan air, kemudian gosokkan bekas noda hingga menghilang. 

Campuran garam dapat digosokkan ke noda dengan kain mikrofiber basah untuk membantu menembusnya serta memastikan noda terangkat. 

Menambahkan cuka putih dapat membantu menciptakan pembersih abrasif, tapi juga lembut. Soda bikarbonat juga bisa digunakan dicampur bersama air untuk membuat pasta sebelum mengoleskannya pada noda. 

Namun, cara terbaik adalah melakukan langkah pencegahan noda sejak awal, termasuk langsung mencuci mug setelah digunakan sehingga noda tidak menempel atau sulit dibersihkan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/01/194500676/cara-membersihkan-noda-kopi-dan-teh-pada-cangkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke