Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simbol Kemakmuran, Ini Panduan Memasang Jam Menurut Feng Shui

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut feng shui, penempatan jam, baik jam dinding maupun jam meja, harus memenuhi kaidah keseimbangan untuk mencapai kemakmuran.

Dikutip dari Love to Know, Senin (3/10/2022), di zaman kuno dan dalam feng shui klasik, jam memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap kehidupan. Praktisi feng shui kuno memandang jam sebagai simbol berlalunya waktu, atau lebih tepatnya, seiring berjalannya waktu.

Jam sering dipandang sebagai hitungan mundur dari waktu terbatas untuk tugas, pencapaian, dan bahkan rentang hidup.

Di era modern, sikap kuno terhadap jam telah diserahkan kepada masyarakat modern yang menganggap jam sebagai alat yang berguna untuk membuat Anda tetap pada jalur.

Jam digunakan sebagai penunjuk waktu untuk membantu Anda merencanakan hari dan menjaga momentum.

Penempatan jam menurut feng shui

Aturan tentang penempatan jam merujuk pada praktik feng shui yang baik. Anda dapat menggunakan aturan feng shui ini untuk memanfaatkan energi keberuntungan yang ditarik jam ke rumah atau kantor.

Aturan penempatan jam feng shui menyarankan untuk tidak memiliki lebih dari satu jam per ruangan. Beberapa praktisi feng shui merasa aturan ini mendorong terlalu banyak jam.

Anda harus melakukan apa yang terasa paling nyaman di rumah dengan alasan.

1. Jam utama di rumah atau kantor

Aturan jam Feng Shui menyarankan untuk hanya memiliki satu jam utama di rumah atau kantor. Ini akan menjadi jam terbesar di rumah, jadi ini akan menjadi yang paling menonjol.

2. Penempatan jam utama di ruang tamu

Anda dapat menempatkan jam di ruang tamu untuk kenyamanan karena sebagian besar aktivitas di rumah dihasilkan di ruang tamu. Ini adalah area di mana keluarga berkumpul dan karena itu memiliki energi Yang paling konsisten.

3. Jenis jam utama

Jam utama akan menghasilkan energi chi paling banyak, Anda akan mendapat manfaat paling besar dari jam kuno berbentuk bulat, dengan jarum jam, menit, dan detik.

Pergerakan jarum jam akan membantu menghasilkan energi Yang yang menguntungkan.

Bentuknya yang bulat memastikan energi chi dapat bergerak sepanjang waktu dan menumpuk, menjadi energi yang stagnan.

4. Ukuran jam dan ruangan

Anda perlu menjaga jam dalam proporsi langsung dari ruang tamu. Misalnya, Anda tidak boleh menempatkan jam klasik besar di ruang tamu kecil.

Ketidakseimbangan ini berarti jam akan mendominasi ruangan. Suara klik dan denting jam akan menciptakan energi negatif di ruang kecil.

Pendulum yang berayun akan menghasilkan terlalu banyak energi Yang dan menciptakan ketidakseimbangan.

5. Arah penempatan jam di ruang tamu

Arah terbaik untuk menggantung jam di ruang tamu atau ruangan lain adalah dinding atau sektor selatan, barat laut, timur, dan tenggara. Bentuk jam dan warna dapat dicocokkan dengan setiap sektor untuk hasil optimal sambil mempertimbangkan setiap elemen.

Sektor barat laut

Sektor barat laut menguntungkan untuk sebuah jam. Anda dapat menggunakan jam logam berwarna perak, emas, atau putih.


Bentuk bulat untuk logam adalah bentuk yang ideal untuk penempatan jam ini.

Anda dapat menggunakan elemen kayu berbentuk persegi panjang, tetapi hindari bentuk api segitiga karena dianggap tidak menguntungkan untuk bentuk jam.

Sektor timur atau tenggara

Sektor timur atau tenggara membuat lokasi yang menguntungkan untuk jam. Anda dapat menggunakan jam berwarna hijau atau cokelat.

Kayu adalah elemen ideal untuk jam, dengan bentuk persegi panjang menjadi yang ideal.

Hindari sektor utara dan barat

Anda harus menghindari sektor utara dan barat untuk menempatkan jam. Kedua sektor ini dianggap tidak menguntungkan dalam feng shui klasik.

Sektor barat daya dan timur laut

Ada beberapa perdebatan di sektor barat daya karena jam selalu berubah dan mungkin tidak menawarkan stabilitas yang diinginkan dalam sektor hubungan dan cinta.

Timur laut mengatur pendidikan dan jam di sektor ini mungkin melambangkan kehabisan waktu untuk studi Anda atau waktu yang terbatas untuk belajar. Sebaiknya hindari memasang jam di kedua arah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/03/163600576/simbol-kemakmuran-ini-panduan-memasang-jam-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke