Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Artbox, Sebuah Wadah Kolaborasi Komunitas Kreatif Hadir di Bintaro

Saat ini, industri ekonomi kreatif Indonesia menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dalam hal kontribusinya terhadap pendapatan nasional.

Ekonomi kreatif diharapkan mampu menciptakan masyarakat Indonesia yang kreatif dan inovatif dengan berbagai ide dan inovasi yang muncul untuk menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat.

Selain itu, ekonomi kreatif juga diharapkan memberikan ruang berkreasi yang lebih luas bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya kaum milenial yang mendominasi populasi dunia peringkat kedua.

Terkait hal tersebut, PT. Jaya Real Property, Tbk. (JRP) termotivasi untuk memberikan ruang kreasi seluas-luasnya bagi pelaku industri kreatif.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, mereka tentu tak asing kalau Bintaro Jaya telah lama menjadi hunian pilihan bagi kaum profesional dan creativepreneur, seperti desainer, arsitek, sineas, maupun seniman.

Mereka pun memiliki komunitasnya sendiri, seperti contohnya Bintaro Design District yang secara luas menaungi pelaku industri kreatif di Bintaro Jaya dan sekitarnya.

Untuk melengkapi ruang kolaborasi dan ajang kreasi creativepreneur nusantara, Bintaro Plaza Residence (BPR) kini menghadirkan Artbox @ Bintaro Plaza sebagai Creative Community Compound.


Ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk bisa melakukan berbagai kegiatan kreatifnya dalam satu tempat untuk berkumpul, berkolaborasi, mencari inspirasi, serta menjadi tempat hangout yang seru.

Artbox dapat menjadi personal nest bagi mereka yang ingin memiliki vibes yang berbeda dari rutinitas sehari-hari, serta menjadi jawaban atas gaya hidup dan kebutuhan dari komunitas-komunitas kreatif.

Arum Prasasti, General Manager Bintaro Jaya High Rise JRP, mengatakan bahwa hadirnya akses baru stasiun Pondok Ranji di dalam kawasan Bintaro Plaza Residences membuat JRP bermaksud untuk melahirkan kembali Bintaro Jaya Sektor 3 menjadi kawasan yang inspiratif, sekaligus menjawab semua kebutuhan milenials dan creativepreneurs untuk berkreasi demi terus bertumbuhnya industri kreatif di Indonesia.

"Nah, Artbox kami hadirkan sebagai showcase awal dari komitmen ini,” ujar Arum dalam Siaran Persnya, Selasa (27/9/2022).

Dengan berkonsep outdoor, Artbox memiliki ruang-ruang unik yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan inspiratif.

Dengan melangkahkan kaki memasuki area Artbox, pengunjung akan merasakan aura yang memberikan inspirasi dan memacu semangat berkreasi.

Indera mata pengunjung akan tergelitik dengan serunya karya seni mural dengan dilukis oleh para mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) pada pilar-pilar di bagian depan Artbox dengan membawa filosofi utama terbentuknya Artbox.

Mulai trial opening pada Tanggal 9 September 2022, Artbox langsung menjadi salah satu pusat penyelenggaraan BDD 2020, event komunitas desainer terkemuka yang dipunggawai komunitas Bintaro Design District (BDD) yang bekerja sama dengan JRP dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, pada 14-24 September 2022 kemarin.


BDD 2020 menghadirkan karya-karya instalasi bertema “Berbagi Masa Depan” sekaligus Pameran Karya Finalis Sayembara Desain BDD center yang mengisi ruang-ruang di Artbox.

Keunikan konsep ruang Artbox akan menjadi pilihan tempat berbagai aktivitas komunitas kreatif, seperti seni, desain, olahraga, maupun kuliner, menjadi tempat berkumpul bersama teman, keluarga serta komunitas apa pun.

Dengan hadirnya Artbox, ini diharapkan akan meremajakan image kawasan Bintaro Jaya Sektor 3 dan menjadi sebuah kawasan dengan semangat baru dan modern sesuai dengan kebutuhan gaya hidup generasi milenial dan post-milenial.

Para pengunjung dapat menikmati beragam dwellers yang merupakan sebutan bagi tenant Artbox yang terdiri dari 2 kategori, kategori dwellers Munchies (food and beverages) dan dwellers The Things (non-food and beverages).

Para kaum kreatif dapat memanfaatkan konsep outdoor di Artbox untuk mendukung kreasi mereka, serta menumbuhkan inspirasi dan kolaborasi.

Setidaknya ada beragam ruang yang dapat mereka gunakan, seperti Up & Up yang merupakan open rooftop untuk berkumpul dan mengobrol santai serta melepas penat dari padatnya rutinitas.

Selain itu, ada pula Imagi Space, yaitu ruang ekshibisi yang luas untuk berpameran, berkarya, dan berekspresi, serta The Colony, yakni tempat bersantai dengan konsep tribun untuk para pengunjung berkumpul serta berdiskusi kreatif.

Terakhir, ada Groovy Boogie yang berupa amphitheater terbuka yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pentas musik, pertunjukan, dan aktivitas luar ruangan lainnya, serta menikmati sunset pada sore hari.

Bagi para pencinta hewan peliharaan juga tidak perlu merasa khawatir karena Artbox merupakan tempat yang ramah hewan peliharaan.

Dengan adanya Artbox, diharapkan bisa melahirkan kembali Kawasan Bintaro Jaya Sektor 3 sebagai kawasan yang muda, enerjik, modern, dan memberikan semangat baru di lingkungan yang inspiratif.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/27/153100676/artbox-sebuah-wadah-kolaborasi-komunitas-kreatif-hadir-di-bintaro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke