Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Ruangan yang Membangkitkan Semangat dan Kebahagiaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak memilih warna untuk ruangan di dalam rumah, Anda dapat memilih warna favorit. Namun, tahukah Anda, warna memiliki kemampuan yang kuat untuk memengaruhi suasana hati seseorang dan membangkitkan semangat? 

"Warna memiliki kekuatan untuk mengubah bagaimana ruang membuat Anda merasa lebih bahagia atau murung," kata Ruth Mottershead, direktur kreatif di Little Greene yang dilansir Homes and Gardens, Selasa (16/8/2022). 

"Teori warna secara keseluruhan bisa menjadi subjek yang rumit," jelas Patrick O'Donnell, brand ambassador Farrow & Ball.

Ada beberapa prinsip dasar untuk membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar. Berikut beberapa warna yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia di dalam ruangan. 

1. Warna hangat memberikan energi tinggi

"Kebahagiaan adalah istilah yang relatif. Warna apa yang membuatmu merasa bahagia?" jelas Leatrice Eiseman, direktur Eiseman Center for Color Information & Training dan direktur eksekutif Pantone Color Institute.

Umumnya, warna hangat kuning, dan oranye, lavender hangat dan biru, seperti merah hangat atau merah muda hangat diasosiasikan dengan kebahagiaan.

Meskipun pilihan warna yang berani seperti itu mungkin tampak menakutkan, mendekorasi dengan ide kamar oranye atau merah hangat dapat dicapai dengan menambahkan tekstil dan dekorasi berwarna, daripada mengecat seluruh ruangan. 

"Kita semua memiliki warna yang kita kaitkan dengan kebahagiaan, dan ini sering menjadi simbol bagi kita," lanjut Lee Chambers, psikolog dan konsultan kesejahteraan. 

Terkait lingkungan Anda, nada yang lebih hangat memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan memberi ledakan energi, dan nuansa merah muda, oranye dan kuning semuanya bisa memberi sepotong kegembiraan ketika merasa sedikit sedih.

Saat menggunakan warna-warna cerah, pertimbangkan untuk memilih nada yang lebih kalem dengan hasil akhir matte untuk memberikan kedalaman dan memastikan bayangan tidak terlalu cerah atau terlalu merangsang.

Ide dinding ruangan warna kuning, di sisi lain, adalah ruang berenergi tinggi yang dapat menginspirasi gerakan dan aktivitas.

"Kuning (oranye memiliki karakteristik yang sama) adalah warna energi, kebahagiaan, dan optimisme dan oleh karena itu pilihan yang brilian baik untuk dapur atau kantor rumah tetapi  hindari di kamar tidur karena ini terutama adalah ruang untuk istirahat," tutur O'Donnell. 

2. Biru langit

Menambahkan ide warna biru ke rumah menawarkan rumah Anda suasana hari yang panas sepanjang tahun.

"Jika langit biru membuat Anda bahagia karena mengingatkan Anda pada hari cerah yang selalu Anda nikmati, itu akan menjadi warna yang tepat untuk Anda," saran Eiseman.

Mendekorasi dengan warna biru adalah pilihan yang bagus karena warna lapisan yang berbeda dapat menciptakan kesan mendalam.

 

3. Hijau yang terinspirasi dari alam

Hijau menyenangkan untuk digunakan, karena warna utama alam terbuka. Hijau adalah warna yang sempurna untuk memberikan ketenangan dan karena itu memiliki fleksibilitas untuk diterapkan di setiap ruangan di seluruh rumah tetapi sangat bagus untuk kamar tidur dan ruang duduk.

Warna ini melambangkan pembaruan dan pertumbuhan.

Ide ruang hijau tidak hanya serbaguna, tetapi juga keteduhannya. Saat mengambil inspirasi dari alam, pertimbangkan seluruh rangkaian warna hijau, dari hijau hutan berlumut hingga zaitun dan pistachio.

Dekorasi dengan warna hijau bahkan dapat dicapai hanya dengan memasukkan tanaman ke dalam ruang Anda, atau memilih lapisan warna penuh.

Seperti biru, nuansa hijau yang berbeda melalui aksen akan menambah kedalaman dan tekstur pada skema monokromatik. 

Warna apa yang menyebabkan kecemasan?

Warna merah mobil pemadam kebakaran bisa menjadi warna yang sangat merangsang, dengan banyak orang mengasosiasikan bayangan dengan bahaya atau peringatan.

Karena itu, adalah bijaksana untuk menghindari penggunaan warna merah saturasi tinggi dan menurunkan nada skema.

Saat mendekorasi dengan warna merah, pertimbangkan untuk menggunakan opsi yang lebih alami seperti warna raspberry, atau sebagai alternatif tambahkan warna berani secara bertahap, mengecat ambang pintu, memangkas, atau menambahkan warna melalui dekorasi.


Menciptakan fitur yang lebih kecil dari nuansa cerah dapat menciptakan titik fokus warna-warni yang membawa kebahagiaan dan kegembiraan.

Apa warna yang paling positif?

Salah satu warna yang paling positif adalah kuning. Salah satu nuansa yang paling indah, kuning tidak sering terlihat di interior tetapi bekerja dengan baik untuk ke dua ruang yang memberi energi, atau dilunakkan dengan netral sebagai aksen untuk warna cerah dan ceria.

Kuning dapat ditambahkan ke rumah Anda sebagai penghormatan cerah untuk bunga matahari musim panas, atau mustard untuk tampilan yang lebih murung.

Selain itu, warna ini disebut-sebut karena kemampuannya untuk membawa hal positif ke dalam hidup Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/16/104000076/warna-ruangan-yang-membangkitkan-semangat-dan-kebahagiaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke