Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pedoman Tepat Budidaya Pohon Belimbing agar Berbuah Banyak

Varietas belimbing sangat beragam, beberapa varietas unggulan yang ada di Indonesia seperti varietas dewa, dewi, demak, sembiring, dan siwalan. 

Budi daya buah belimbing pada umumnya dilakukan di pekarangan rumah sebagai tanaman peneduh. Namun, jika ditanam pada lahan yang luas, tentu akan mendapatkan keuntungan berlimpah. 

Dikutip dari keterangan dalam buku Budidaya Belimbing Manis secara Agribisnis di DKI Jakarta, Minggu (14/8/2022), berikut penjelasan lengkap seputar cara menanam pohon belimbing.

Tanaman buah yang berbentuk pohon pada umumnya akan mulai berbuah pada usia empat sampai lima tahun. Namun, dengan memilih bibit yang tepat, pohon belimbing sudah dapat berubah pada umur dua tahun, salah satunya, bibit buah belimbing hasil okulasi.

Perbanyakan belimbing dengan cara okulasi diperoleh dari varietas unggul yang sudah berbuah atau berumur lebih dari tiga tahun.

Satu tahun setelah okulasi, bibit belimbing bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar atau langsung ditanam di lahan. Selain okulasi, bibit belimbing juga bisa didapat dari perbanyakan cangkok atau cara penyusupan.

Persiapan lahan

Lahan yang cocok untuk menanam buah belimbing berada di dataran rendah sampai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tanah yang gembur dan mengandung banyak bahan organik sangat disukai pohon belimbing.

Penanaman belimbing bisa dilakukan secara langsung di lahan terbuka. Berikut cara menanam pohon belimbing secara langsung seperti berikut:

Adapun pemeliharaan yang perlu dilakukan pohon belimbing seperti berikut. 

Panen

Penggunaan bibit hasil okulasi dapat mempercepat waktu panen. Pada umur dua tahun, pohon belimbing sudah mengeluarkan bunga.

Dari awal bunga mekar sampai buah siap dipetik sekitar 60-90 hari. Potensi hasil panen buah belimbing setiap tahun, yaitu 19 ton/ha.

Demikian penjelasan seputar budidaya pohon belimbing. Budi daya dengan benar bisa meningkatkan produktivitas buah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/14/112700476/pedoman-tepat-budidaya-pohon-belimbing-agar-berbuah-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke