Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Doberman Jantan Vs Betina, Mana yang Terbaik untuk Anjing Penjaga?

Hal ini didukung oleh fisiknya, yakni berat badang sekitar 34-45 kilogram (kg) dengan tinggi 66-72 centimeter (cm) untuk Doberman jantan, sedangkan Doberman betina seberat sekitar 27-40 kg dan tinggi 60-66 cm. 

Baik anjing Doberaman jantan maupun betina sama-sama memiliki dada bidang sehingga membuatnya sempurna untuk menghantam mangsa berukuran besar dan membuatnya jatuh.

Selain itu, tampilan ini membuat orang-orang melihat Doberaman sebagai anjing yang sangat agresif dan berbahaya. Hanya melihatnya saja dapat membuat beberapa orang merasa takut.

Disadur dari Doberman Planet, Senin (8/8/2022), anjing Doberman memiliki postur tubuh tegak ketika duduk atau berdiri.

Saat diajak bicara orang-orang yang sudah dikenalnya, Doberman akan melihat mata pembicara tanpa memutus kontak.

Akan tetapi, antara anjing Doberman jantan dan betina manakah yang lebih baik dijadikan sebagai anjing penjaga? 

Anjing Doberman jantan dan betina sama-sama menjadi anjing penjaga yang baik. Namun, anjing Doberman betina dewasa lebih cepat sehingga siap untuk bekerja lebih duluan daripada Doberman jantan.

Lebih lanjut, anjing Doberman betina lebih protektif terhadap pemiliknya, sementara anjing Doberman jantan secara umum lebih teritorial dan protektif terhadap kediamannya.

Dengan kata lain, Doberman betina lebih baik dalam menjaga satu manusia, dan Doberman jantan lebih baik dalam menjaga seluruh anggota keluarga atau sebuah properti berukuran besar.

Karena itu, beberapa pemilik anjing Doberman yang sudah berpengalaman lebih memilih  memiliki anjing Doberman jantan dan betina untuk melindungi rumah. 

Ada beberapa keuntungan memiliki anjing Doberman jantan, salah satunya fisiknya secara keseluruhan lebih besar dan berotot daripada anjing Doberman betina.

Selain itu, Doberman jantan lebih teritorial dan  independen. Mereka pun bisa memiliki ikatan yang kuat dengan seluruh anggota keluarga dan secara umum lebih baik dalam pekerjaan sebagai penjaga.

Terkait penjagaan, anjing Doberman jantan lebih baik karena naluri teritorialnya. Meski secara umum, lebih menerima orang asing ketika di publik serta menunjukkan agresi pada manusia atau hewan yang tidak dikenal ketika mendekati batasnya di rumah.

Sementara untuk anjing Doberman betina, lebih gesit meski tubuhnya lebih kecil daripada Doberman jantan. Anjing Doberman betina juga lebih cepat dewasa sehingga bisa memulai pekerjaan lebih dulu serta lebih agresif terhadap orang asing.

Untuk ikatan sendiri, anjing Doberman betina cenderung hanya terikat pada satu manusia saja. Secara umum,  Doberman betina lebih baik dalam pekerjaan melindungi seseorang.

Terkait pelindung satu manusia, anjing Doberman betina lebih baik karena naluri keibuannya. Jadi, mereka akan lebih waspada terhadap manusia yang tidak dikenalnya.

Secara umum, beberapa sifat yang tertera di atas mungkin benar. Perlu dingat, semua anjing dari ras apa pun merupakan hewan berbeda.

Jadi, tidak ada jaminan bagaimana anjing Doberman jantan dan betina yang dimiliki akan bertindak. Ini lebih tergantung pada bagaimana anjing Doberman dibesarkan, dilatih, dan diajak berinteraksi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/08/182100876/doberman-jantan-vs-betina-mana-yang-terbaik-untuk-anjing-penjaga-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke