Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal Usul Takhayul Kucing Hitam yang Dianggap Bawa Sial dan Faktanya

Tak heran, membuat kebanyakan orang enggan memelihara kucing hitam. Akibatnya, kucing yang paling disalahpahami itu banyak menjadi kucing liar dan mendapat perlakukan buruk. Bahkan, di tempat penampungan, kucing hitam tak pernah dipilih untuk diadopsi. 

Anggapan buruk dan misteri kucing hitam pun terus bertahan hingga sekarang dan menjadi takhayul abadi. Padahal, hal ini salah dan hanya mitos belaka. 

Sama warna bulu kucing lainnya, kucing hitam tak membawa sial dan tak ada kaitannya dengan hal mistis dan takhayul. 

Begitu pun, kucing hitam memiliki tampilan dan tingkah yang tak kalah menawan serta menggemaskan.

Lantas, bagaimana hubungan antara kucing hitam dan nasib buruk dimulai? 

Namun, hubungan antara kucing hitam dan mistis telah ada sangat jauh, bahkan berabad-abad silam. 

Dilansir dari Wagwalking, Senin (1/8/2022), gagasan tentang kucing hitam yang membawa sial muncul dari mitos Yunani kuno pada abad pertengahan yang penuh gejolak. 

Dalam mitologi Yunani, khususnya Hecate, yang juga dewi sihir, digambarkan memiliki kucing sebagai hewan peliharaan familiar. Bahkan, menurut cerita rakyat Eropa, kucing menjadi makhluk supernatural yang membantu penyihir.

Ditambah, Dewi Hera mengubah pelayannya menjadi kucing hitam sebagai hukuman karena membantu Hecate.

Catatan lain menghubungkan kucing hitam dengan okultisme—kepercayaan kepada kekuatan gaib yang dapat dikuasai manusia—sejak abad ke-13.

Ketika itu, sebuah dokumen resmi gereja yang disebut “Vox in Rama” dikeluarkan Paus Gregorius IX pada 13 Juni 1233.

“Di dalamnya, kucing hitam dinyatakan sebagai inkarnasi setan," ucap Layla Morgan Wilde, penulis Black Cats Tell: True Tales And Inspiring Images, dikutip dari History. 

Dekrit tersebut menandai awal kucing hitam dianggap setan yang menyamar atau penolong penyembah setan serta perburuan penyihir yang disetujui gereja.

Awalnya, hal itu dirancang untuk menghancurkan kultus Luciferian yang berkembang di Jerman, tetapi dengan cepat menyebar ke seluruh Eropa. 

Di banyak tempat di dunia, kucing hitam bisa membawa keberuntungan. Misalnya, di Jepang, kucing hitam dapat membawa cinta atau keberuntungan.

Di Inggris, pengantin wanita yang menerima hadiah kucing hitam akan memiliki pernikahan yang bahagia. Di Skotlandia, kucing hitam yang muncul di depan pintu rumah menandakan kemakmuran sedang dalam perjalanan. 

Orang Prancis menyebut kucing hitam sebagai "Kucing uang" dan memperlakukannya dengan hormat dapat mendatangkan kekayaan.

Pelaut Inggris sering membawa kucing hitam ke kapal untuk menangani tikus dan memastikan perjalanan aman. Ini juga yang membuat istri nelayan memelihara kucing hitam di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/01/130500276/asal-usul-takhayul-kucing-hitam-yang-dianggap-bawa-sial-dan-faktanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke