Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Membuat Herbisida Nabati

KOMPAS.com - Penggunaan herbisida nabati dalam praktik pertanian merupakan solusi untuk mengendalikan gulma yang ramah lingkungan. Herbisida nabati adalah jenis herbisida yang berasal dari organ tumbuhan.

Kemampuan alelopati yang diperoleh dari tanaman dipercaya bisa mengendalikan gulma. Maka dari itu, banyak peneliti yang gencar untuk melakukan riset seputar herbisida alami ini.

Selain lebih ramah lingkungan, herbisida organik juga mudah dibuat. Melansir dari Indonesia Collaboration Journal of Community Services 1(3), Rabu (27/7/2022), berikut cara membuat herbisida nabati dari bahan-bahan yang mudah dijumpai.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan herbisida, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Air kelapa muda atau tua sebanyak 5 liter.
  2. Ragi tape 20 butir.
  3. Bawang putih sebanyak 300 gram.
  4. EMP4 10 ml atau secukupnya.
  5. Botol atau jerigen yang ada tutupnya.

Cara membuat herbisida nabati

Adapun langkah-langkah membuat herbisida nabati, sebagai berikut:

Hebisida nabati ini diaplikasikan dengan cara disemprot. Namun sebelumnya, pastikan herbisida tersebut sudah dicampurkan dengan air bersih.

Setelah itu, semprotkan herbisida tersebut pada gulma target. Pastikan seluruh bagian gulma terkena cairan herbisida.

Waktu yang tepat untuk mengaplikasikan herbisida ini yaiu saat cuaca cerah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah pencucian air hujan.

Anda juga diperbolehkan menggunakan perekat pestisida organik agar hasilnya lebih efektif. Jika setelah beberapa hari gulma tak kunjung mati, Anda diperkenankan menambahkan dosis aplikasi namun tidak boleh berlebihan.

Demikian penjelasan seputar cara membuat herbisida nabati hingga aplikasinya. Penggunaan herbisida nabati ini bisa menjadi alternatif solusi untuk mengendalikan gulma.

Namun, agar gulma bisa dikendalikan secara maksimal, Anda tetap perlu melakukan upaya pencegahan dan pengendalian mekanis secara rutin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/27/233400076/mudah-begini-cara-membuat-herbisida-nabati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke