Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Mencegah Lemari Pakaian Berjamur

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda pernah menemukan lemari pakaian berjamur? Jamur tumbuh subur di tempat yang lembap, gelap, dan berventilasi buruk, itulah sebabnya lemari pakaian seringkali berjamur.

Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian.

Dilansir Better Homes & Gardens Australia, Senin (25/7/2022), kuncinya adalah menyimpan pakaian Anda dengan benar dan memeriksanya secara teratur untuk memastikan jamur tidak pernah masuk.

Pertama, minimalkan pengembunan dengan memastikan lemari pakaian tidak menempel rapat ke dinding.

Kedua, rapikan pakaian dan sumbangkan atau jual pakaian apa pun yang tidak lagi Anda pakai. Ini akan memastikan lemari pakaian tidak penuh.

Pakaian yang terkubur di lemari pakaian akan mencegah aliran udara yang dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

Ketiga, jangan pernah menggantung pakaian basah di lemari pakaian. Pastikan pakaian selalu kering sebelum disimpan.

Keempat, jika Anda menyimpan pakaian yang tidak akan Anda pakai untuk sementara waktu, tutup dengan plastik vakum untuk mencegah masuknya uap air.

Penyebab umum pertumbuhan jamur di lemari pakaian

1. Kondensasi atau pengembunan

Pengembunan sering terjadi karena meningkatnya tingkat kelembapan di rumah. Jamur biasanya terbentuk karena kelembapan.

Penyebab terbesar dari meningkatnya kelembaban adalah kurangnya ventilasi. Pikirkan banyak pakaian di lemari dan pakaian didorong ke atas ke dinding.

Biasanya, jika Anda memiliki pakaian, aksesori, atau sepatu yang sudah lama tidak dipakai, pakaian tersebut tidak akan banyak terlihat dan lebih rentan terhadap jamur. Namun, pakaian atau aksesoris kulit akan lebih mudah terserang jamur.

2. Pakaian lembap

Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang. Seringkali saat mencuci pakaian, Anda terburu-buru untuk menyimpannya agar tidak ada benang lepas atau pakaian tidak rusak.

Masalahnya adalah sebagian besar pakaian masih lembap. Sayangnya, hal ini menyebabkan terbentuknya kelembapan di area yang tidak akan mendapat ventilasi atau cahaya matahari.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/25/093810676/simak-cara-mencegah-lemari-pakaian-berjamur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke