Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Perawatan yang Wajib Diberikan pada Hewan Peliharaan Secara Rutin

Namun, merawat anak bulu atau anabul tidak sekadar mengasih makan dan minum maupun mengurus kotorannya secara rutin, tetapi juga memberikan perawatan atau treatment. 

Sebab, ada beberapa perawatan yang wajib diberikan pada anabul secara rutin guna memaksimalkan kualitas hidup mereka.

Dikutip dari akun Instagram @wmbanimalclinic, Selasa (12/7/2022), berikut ini perawatan yang wajib diberikan pada anabul secara rutin.

Tak hanya membuat anabul bersih, grooming juga bisa menghempaskan jamur dan kutu yang bersarang pada bulu maupun kulit anabul, yang mana itu bisa jadi sumber penyakit.

Selain itu, grooming juga bermanfaat untuk membersihkan anabul dari bakteri dan ektoparasit, mencegah bulu rontok, menjaga kesehatan kuku, mencegah gumpalan bulu atau hairball, dan masih banyak lagi.

Tetes kutu

Agar lebih maksimal, kutu dan telur-telur kutu yang ada pada anabul perlu dibasmi sampai ke akarnya.

Tetes kutu wajib diberikan secara berkala, mengingat penyebaran kutu pada anabul sangat cepat, terutama kalau mereka masih main di luar rumah.

Meski tetes kutu sangat bermanfaat, pastikan penggunaannya dilakukan dengan tepat dan benar sehingga tidak memberikan dampak buruk.

Kalau perlu, berikan tetes kutu pada anabul sesuai dengan anjuran dokter hewan.

Vaksinasi

Tidak semua vaksin itu rutin, tetapi beberapa di antaranya memang harus diberikan secara rutin, terutama apabila berdasarkan anjuran dokter hewan.

Contoh vaksinasi yang perlu diberikan secara rutin adalah vaksin rabies dan vaksin distemper untuk anjing.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/12/175300276/3-perawatan-yang-wajib-diberikan-pada-hewan-peliharaan-secara-rutin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke