Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tanda Cat Dinding Sudah Rusak dan Cara Merawatnya agar Tahan Lama

Meski pekerjaan mengecat dinding lebih rapi dilakukan para profesional, tetapi sebenarnya tugas ini bisa dikerjakan siapa pun dengan hasil tak kalah bagus dari ahli, asalkan menggunakan teknik yang sesuai. 

Akan tetapi, tak hanya teknik pengecatan yang dapat memberikan hasil cat bagus, jenis dan kondisi cat juga ikut mempengaruhinya. 

Ketika cat dalam keadaan masih baik dan layak digunakan, hasilnya pun akan baik. Sebaliknya, ketika cat sudah tidak layak digunakan, hasilnya pun akan buruk.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (7/7/2022), berikut beberapa tanda cat dinding sudah rusak dan tidak bisa digunakan serta cara membuatnya awet

Cat yang sudah rusak akan menimbulkan bau ketika diaplikasikan ke dinding. Meski baunya mungkin berkurang, tetapi ini tidak hilang. Pertumbuhan bakteri menjadi penyebab atau mendorong bau cat ini.  

Berulang kali diencerkan

Salah satu produsen cat Glidden, menyatakan bahwa cat beku bisa dicairkan dan digunakan, asalkan tidak menggumpal dan tidak berbau busuk.

Namun, para ahli cat cenderung beranggapan bahwa siklus beku-cair yang berulang pada akhirnya akan merusak cat. 

Terlalu kental

Wajar jika cat lateks mengembangkan tampilan noda "film" pada bagian atas permukaannya setelah beberapa waktu.

Namun, jika cat telah mengeras melewati titik film tipis, saatnya membuang cat. Cat yang padat tidak dapat larut dengan menambahkan air. 

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mencoba menambahkan air ke cat berbasis air atau pengencer cat ke cat berbasis minyak untuk mencoba mengencerkan cat. 

Cara membuat cat agar tahan lama 

Berikut ini beberapa teknik sederhana yang dapat membantu mempertahankan usia penggunaan cat.

1. Simpan cat di tempat sejuk dan kering

2. Jangan biarkan cat membeku

3. Hindari semua lonjakan suhu, baik tinggi maupun rendah

4. Buang semua kotoran, terutama bahan organik seperti daun atau rumput

5. Tambahkan sedikit air ke cat lateks lama 

6. Tambahkan sedikit pengencer ke cat berbasis minyak yang telah berusia lama

7. Tempatkan cat dalam wadah plastik karena karat dari kaleng logam dapat mencemari cat

Sebelum menutup tutup cat, letakkan plastik pembungkus dapur di atas wadah yang terbuka, lalu ketuk tutupnya dengan kuat menggunakan palu karet agar kaleng tidak penyok.

Jika tutupnya terlepas dan tidak bisa dijadikan segel, letakkan bungkus plastik di semua bagian atas kaleng cat, turunkan sisinya beberapa sentimeter, lalu pasang karet gelang di atas kaleng.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/07/142000576/4-tanda-cat-dinding-sudah-rusak-dan-cara-merawatnya-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke