Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 8 Benda di Rumah Ini Lebih Kotor dibanding Kloset

Untuk itu, perlu mengganti serbet seminggu sekali. Jika mencari metode pembersihan yang lebih ramah lingkungan, belilah beberapa kain katun yang bisa dicuci dengan mesin cuci.

Setelah dicuci, bilas pada suhu tinggi di atas 60 derajat Celsius dan biarkan mengering. Sementara untuk spons, rendam semalaman dalam larutan pemutih dan air. 

Talenan

Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa talenan menjadi salah satu peralatan paling berbahaya. Talenan rata-rata menyimpan 200 persen lebih banyak bakteri feses daripada dudukan kloset. 

Karena itu, perlu mencuci dan mendisinfeksi talenan dengan tisu atau semprotan setiap kali menggunakannya. 

Dalam penelitian terbaru Elizabeth Scoot, Co-Director Center for Hygiene and Health in Home and Community di Simmons College di Boston, Amerika Serikat, membandingkan bakteri yang ditemukannya pada bak mandi dengan tempat sampah.

Ia menemukan bahwa bakteri yang menyebabkan infeksi kulit pada bak mandi sebesar 26 persen, sedankan tempat sampah hanya enam persen. Jadi, jangan melewatkan untuk membersihkan bathtub setiap minggu. 

Microwave

Di banyak dapur, microwave menjadi peralatan elektronik yang paling sering digunakan, tetapi suhu tinggi yang dicapai microwave tidak membunuh semua bakteri berbahaya.

Jadi, untuk menghindari sakit, bersihkan bagian dalam microwave setidaknya dua kali seminggu dan bersihkan secara menyeluruh dua minggu sekali.

Gunakan campuran air dan cuka, lalu didihkan dalam microwave, dan bersihkan dengan spons. 

Sayangnya, menyedot debu secara teratur hampir tidak ada gunanya untuk menghilangkannya. Jadi, pastikan mencuci karpet setiap enam hingga 12 bulan.  

Permukaan dapur

Selain menjaga kain dan spons tetap bersih, Anda perlu memastikan mengelap semua permukaan dapur.

Studi menemukan bahwa meja terdekat dengan wastafel adalah area paling kotor, jadi konsentrasikan pembersihan Anda di sana.

Handuk mandi

Setelah beberapa kali digunakan, handuk mandi dapat menampung jutaan sel kulit mati. Menurut para ilmuwan, Anda harus menggunakan handuk mandi hanya tiga kali sebelum menggantinya. 

Bantal

Selain handuk, pastikan membersihkan bantal. Ketika berbaring di tempat tidur, Anda bisa tidur di atas sel-sel kulit mati, tungau debu, dan berbagai jamur yang merupakan sepertiga dari berat bantal. 

Untuk itu, harus mencuci bantal setiap tiga bulan dan menggantinya setiap tiga tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/12/162200576/catat-8-benda-di-rumah-ini-lebih-kotor-dibanding-kloset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke