Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Saat Membangun Rumah

Berbagai persiapan pun dilakukan ketika membangun rumah baru, dari desain, gaya interior, hingga memilih kontraktor yang tepat. Namun, tidak dapat dipungkiri, membangun rumah dapat mengeluarkan banyak uang. 

Untungnya, dikutip dari My Decorative, Selasa (7/6/2022), ada beberapa cara mudah menghemat pengeluaran ketika sedang membangun rumah seperti berikut ini.

Setiap proyek pembangunan rumah membutuhkan sejumlah anggaran sehingga perlu membuat anggaran yang tepat terlebih dulu dari awal, termasuk anggaran kecelakaan.

Terlepas dari menggunakan kontraktor pengalami, tetap ada kemungkinan kecelakaan terjadi selama pembangunan.

Riset sebelum membangun rumah

Kamu tidak perlu menunggu desain dari jasa arsitek yang digunakan. Cobalah mengunjungi beberapa situs berbeda untuk melihat berbagai  model rumah yang sesuai anggaran. 

Melakukan riset memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang apa yang akan dibangun. Lebih lanjut, riset juga mencegah kamu dari pemalsuan apa pun yang terjadi saat pembangunan.

Usahakan untuk selalu memilih desain rumah yang sederhana karena cenderung lebih murah untuk dibangun.

Sementara itu, desain rumah yang mewah tidak hanya membutuhkan lebih banyak biaya, tapi juga lebih rumit dan sulit membangunnya dengan sempurna tanpa ada kesalahan. 

Tetap pada rencana

Perihal membangun rumah, pertimbangkan biaya perencanaan. Memiliki rencana yang tepat dapat membuat biaya pembangunan lebih rendah.

Untuk itu, rencanakan setiap detail dari awal sehingga tidak perlu mengubah apa pun ketika proyek tengah berjalan. 

Mengubah rencana pembangunan dapat membuat pengeluaran bertambah, yang akhirnya berujung pada pemborosan.

Memilih kontraktor yang tepat juga penting dilakukan saat membangun rumah. Selain membantu membangun rumah, kontraktor dapat membuat proses pembangunan rumah menjadi lebih sederhana dan hemat pengeluaran.

Lakukan hal yang bisa dilakukan sendiri

Melakukan hal yang bisa dilakukan sendiri tentunya dapat semakin menekan anggaran. Lakukan hal-hal kecil seperti memindahkan barang, atau apa pun yang berada dalam jangkauan kemampuan secara sendiri. 

Kreatif dalam membeli material bangunan

Saat merencanakan pembelian material bangunan, lakukan sebaiknya mungkin. Beli material yang betul-betul dibutuhkan untuk menghemat bujet. 

Memilih kayu standar daripada kayu mahal adalah cara terbaik menghemat anggaran jika rumah membutuhkan material kayu.

Meski menghemat uang, jangan pilih material bangunan berkualitas rendah. Pilih yang kualitasnya tinggi karena dapat menghemat pengeluaran dalam jangka panjang. 

Pertimbangkan efisiensi energi

Membangun rumah yang hemat energi adalah cara bagus untuk menghemat uang saat ini dan dalam jangka panjang. Tidak hanya menghemat biaya kontruksi, membangun rumah hemat energi dapat meminimalkan biaya perawatan hunian. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/07/151400276/8-cara-mudah-menghemat-pengeluaran-saat-membangun-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke