Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini 10 Langkah Menghilangkan Bau Asap Rokok dari Rumah

Pasalnya, bau asap rokok yang ada di dalam rumah tidak hanya sangat mengganggu dan membuat tak nyaman, tapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Belum lagi, bau asap rokok juga bisa menempel pada berbagai benda, furnitur, gorden, karpet, pakaian, bahkan dinding rumah.

Untuk menghilangkan bau asap rokok dari dalam rumah cukup sulit dan memakan banyak waktu. Pembersihan yang diperlukan tergantung pada berapa lama perokok berada di rumah serta seberapa sering mereka merokok. 

Namun, dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menghilangkan bau asap rokok dari rumah dengan cepat dan efektif seperti dikutip dari My Move, Minggu (5/6/2022). 

Mulailah dengan membuang asbak, puntung rokok, bungkus, dan korek api.

Buka semua jendela di rumah

Cara cepat menghilangkan bau asap rokok dari perabotan rumah adalah segera membuka semua jendela sebelum mulai membersihkan rumah, terlebih bila menggunakan produk pembersih berbahan kimia keras. 

Tingkatkan sirkulasi udara

Gunakan dua ventilator untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mempercepat penghilangan bau asap rokok dari ruangan. 

Satu ventilator untuk mendorong udara melintasi ruangan, lalu letakkan ventilator kedua di dekat jendela atau pintu untuk lebih mengusir udara pengap.

Buat campuran air panas dan cuka putih dengan perbandingan 50:50, lalu masukkan larutan ke botol semprot.

Setelah itu, semprotkan cairan ke semua permukaan keras, termasuk dekorasi, pintu, meja dapur, bilah kipas angin, lampu, dan bingkai foto, kemudian menyekanya dengan kai lap kering. Anda juga bisa menggunakan campuran tersebut untuk membersihkan lantai. 

Gunakan produk pembersih yang lebih kuat untuk plafon dan dinding

Untuk menghilangkan bau asap rokok pada palfon dan dinding rumah adalah menggunakan amonia. Buat campuran 0,5 cangkir amonia, 0,5 cangkir baking soda, 0,25 cangkir cuka putih, dan 3,5 liter air panas.

Gunakan tiang ekstensi atau tangga untuk mencapai plafon dengan aman untuk menghapus noda kuning bekas asap rokok. 

Bersihkan karpet dan permukaan yang dilapisi kain

Baking soda adalah pembersih rumah tangga yang dapat menetralkan molekul bau. Taburkan baking soda pada karpet dan permukaan kain, lalu biarkan selama beberapa hari. Setelah itu, vakum baking soda dan bila perlu membersihkan karpet dengan uap.

Cuci semua kain 

Masukkan sarung bantal, gorden, sarung bantal sofa, dan seprai ke dalam mesin cuci. Lakukan satu siklus pencucian dengan 0,5 cangkir cuka putih, kemudian siklus kedua dengan detergen biasa.

Setelah itu, jemur semua kain tersebut dan biarkan mengering di luar sampai rumah bersih. 

Periksa semua saluran udara dan singkirkan sumbatan atau debu yang mungkin memiliki residu asap di dalamnya. 

Gunakan air purifier 

Air purifier atau pembersih udara adalah tindakan ekstra yang dapat menghilangkan asap rokok sekaligus membersihkan udara di dalam ruangan.

Berinvestasi memiliki filter HEPA di rumah untuk lebih membantu menghilangkan bau asap rokok dalam ruangan. 

Gunakan generator ozon untuk pembersihan mendalam

Generator ozon adalah senjata rahasia untuk menghilangkan bau membandel sepenuhnya, termasuk bau asap rokok. Jika digunakan dengan benar, generator ozon dapat menghilangkan semua molekul asap dengan mengoksidasinya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/05/075300976/simak-ini-10-langkah-menghilangkan-bau-asap-rokok-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke