Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Manfaat Deterjen Selain untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Deterjen tentu saja digunakan untuk mencuci pakaian. Akan tetapi, deterjen cair atau deterjen bubuk juga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai area di rumah.

Dilansir Hunker, Jumat (3/6/2022), menggunakan deterjen untuk membersihkan beragam benda lain selain mencuci pakaian tidak hanya meminimalkan jumlah produk pembersih yang harus Anda pakai.

Namun, Anda juga bisa mengurangi biaya dan kebutuhan untuk membeli beberapa jenis produk pembersih yang berbeda.

Berikut beberapa manfaat deterjen selain untuk mencuci pakaian.

1. Pembersih serbaguna

Anda dapat menggunakan deterjen cair atau  deterjen bubuk untuk membuat pembersih serbaguna sendiri.

Anda bisa menggunakannya untuk menyemprot permukaan meja dan ubin, mengepel lantai, menggosok toilet, membersihkan bak mandi, dan banyak lagi.

Tambahkan seperempat cangkir deterjen cucian ke 15 liter air panas dalam ember dan aduk hingga tercampur. Gunakan corong untuk mengisi botol semprot dengan larutan dan kocok dengan baik.

Sekarang Anda siap untuk menguji pembersih serbaguna yang Anda buat. Untuk pembersih yang lebih kuat dengan tindakan disinfektan, Taste of Home menyarankan untuk mencampur 1 sendok teh deterjen bubuk dan sepertiga cangkir pemutih ke dalam 3 liter air.

Setelah dibersihkan, biarkan area tersebut mengering.

2. Penghilang noda karpet

Karpet bernoda; itu kenyataan yang disayangkan. Namun, deterjen cucian telah Anda gunakan, karena dapat digunakan untuk menghilangkan noda karpet.

Campurkan sedikit soda kue dengan deterjen bubuk (proporsinya tidak terlalu penting), taburkan di atas noda karpet, dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan bedak dan noda juga akan hilang.

Jika noda tidak mudah atau mudah dihilangkan, isi botol semprot dengan air, tambahkan 2 sendok makan deterjen cair dan 2 hingga 3 sendok makan boraks, lalu semprotkan langsung ke noda.

Diamkan beberapa saat lalu gunakan handuk atau lap untuk menggosok area tersebut dan menghilangkan noda. Biarkan area tersebut mengering.

3. Membersihkan tumpahan oli

Kadang-kadang mobil atau sepeda motor bisa mengalami bocor oli dan menodai lantai garasi atau jalan masuk.

Ambil deterjen bubuk dan taburkan di atas tumpahan minyak sehingga seluruhnya tertutup. Tambahkan sedikit air untuk membentuk pasta.

Diamkan beberapa saat agar deterjen menyerap minyak lalu gosok pasta untuk menghilangkan sisa-sisa noda minyak dan bilas hingga bersih.

4. Mengatasi saluran air tersumbat

Jika saluran air mulai tersumbat dan Anda tidak memiliki produk pembersih saluran air atau Anda lebih suka menghindari penggunaan bahan kimia yang lebih keras, ambil deterjen cucian.

Tuangkan seperempat cangkir deterjen cair ke saluran pembuangan, diamkan selama beberapa menit, dan lanjutkan dengan sepanci air mendidih. Ini harus memecah penyumbatan dan menyiram pipa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/03/103900776/4-manfaat-deterjen-selain-untuk-mencuci-pakaian-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke