Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memutihkan Pakaian dengan Cuka

Selain itu, pakaian putih juga lebih mudah terkena noda dan beberapa sulit dihilangkan. Banyak orang beralih menggunakan pemutih klorin untuk memutihkan pakaian yang kusam. 

Namun, pemutih adalah bahan kimia kuat yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, paru-paru, dan kulit. Sebagai alternatif yang aman, Anda bisa menggunakan cuka suling putih yang biasa ditemukan di dapur. 

Dilansir dari Hunker, Jumat (27/5/2022), cuka dapat memutihkan pakaian dan tidak mengadung bahan kimia beracun berbeda dengan pemutih klorin. 

Cuka juga ampuh menghilangkan bau pada pakaian. Untuk memanfaatkannya, masukkan seperempat cangkir cuka ke mesin cuci selama siklus bilas. Cuka akan memberikan aroma segar pada pakaian yang sudah sangat berbau apak. 

Cara menggunakan cuka untuk memutihkan pakaian 

Untuk memanfaatkan cuka, caranya sama dengan mencuci pakaian yang biasa Anda lakukan. Berikut ini cara memutihkan pakaian dengan cuka: 

Pertama, periksa label pakaian sebelum memasukkan pakaian putih bernoda atau kotor mesin cuci. Pastikan pakaian tidak terbuat dari asetat, rayon, atau sutra saat menggunakan cuka.

Setelah itu, tambahkan detergen cucian, pilih siklus air dingin, dan jalankan mesin cuci. Kemudian, tuang cuka ke dalan kompartemen pelembut kain pada mesin cuci sekitar semperempat cangkir selama siklus pembilasan.

Selanjutnya, gantung pakaian untuk dikeringkan atau dikeringkan menggunakan mesin pengering. Namun, hindari mencampur cuka dengan pemutih karena dapat menghasilkan uap beracun. 

Memutihkan kaus kaki 

Selain pakaian, cuka juga bisa membersihkan dan memutihkan kembali kaus kaki putih. Caranya, tuangkan satu cangkir cuka suling ke dalam wadah besar berisi air, lalu masukkan air tersebuh ke dalam panci untuk dipanaskan sampai mendidih. 

Setelah mendidih, masukkan kaus kaki, matikan kompor, dan biarkan kaus kaki di dalam panci selama semalam agar cairan cuka sebelum memasukkannya ke mesin cuci untuk siklus pencucian biasa pada keesokkan harinya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/27/205100376/cara-memutihkan-pakaian-dengan-cuka-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke