Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mudah Membuat Tampilan Rumah Terlihat Lebih Mahal

JAKARTA, KOMPAS.com – Membuat tampilan rumah terlihat lebih mahal dari aslinya tidak perlu melalui renovasi atau perombakan denah rumah secara besar-besaran.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya dan energi yang cukup besar, misalnya dengan memanfaatkan furnitur yang sudah ada.

Ragam cara ini pun bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu akhir pekan atau libur panjang seperti disadur Better Homes & Gardens, Kamis (26/5/2022). Apa saja?

Mengecat tepian (trim) fitur rumah menarik perhatian ekstra ke dinding, jendela, tangga, dan banyak lagi. Mereka dapat lebih mendefinisikan elemen-elemen tersebut dan membuat tampilan rumah lebih elegan.

2. Pasang gorden lebih tinggi

Plafon tinggi menjadi fitur yang mencolok di kebanyakan rumah mahal. Tidak semua orang yang tinggal di rumah berplafon rendah dapat meninggikannya, terlebih jika anggaran yang tersedia tidak terlalu banyak.

Untuk mengakalinya, manfaatkan gorden untuk menciptakan ilusi bahwa rumahmu memiliki plafon tinggi.

Pasang batang tirai dekat dengan plafon agar gorden bisa digantung lebih tinggi.

3. Hadirkan pola melalui wallpaper

Dinding berpola berani dapat menciptakan kesan yang mewah. Kamu dapat menggunakan wallpaper jenis peel-and-stick yang harganya cenderung lebih murah daripada jenis wallpaper lainnya.

Hadirkan pola di ruangan kecil, seperti area pintu masuk rumah atau ruang khusus mencuci pakaian.

Sebagian besar rumah mahal selalu menggunakan skema warna netral. Sebab, warna-warna di dalamnya memiliki nuansa tenang dan klasik.

Kamu dapat menggunakan skema warna netral pada lantai atau kain pelapis sofa. Sementara warna berani dapat dihadirkan melalui benda dekoratif.

5. Tambahkan dimensi

Jika memiliki dinding yang polos, tambahkan strip lis (molding) untuk menghadirkan tampilan picture-framing. Adapun tampilan ini bermaksud untuk menarik perhatian seseorang ke area tertentu dalam ruangan.

6. Perbarui jalanan menuju pintu rumah

Area depan pintu rumah mengatur nuansa rumah secara keseluruhan. Jadi, perbarui tampilannya agar rumahmu terlihat lebih ramah, misalnya dengan menghadirkan deretan tanaman pada sisi kanan dan kiri jalur menuju pintu rumah.

7. Hias plafon

Detail arsitektur merupakan cara yang baik untuk membuat rumah terlihat lebih mahal. Untuk menerapkannya, ubah plafon menjadi titik fokus suatu ruangan. Misalnya menghadirkan hiasan medali plafon di sekitar rangka lampu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/26/171600476/7-cara-mudah-membuat-tampilan-rumah-terlihat-lebih-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke