Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Anjing Peliharaan Perlu Menggunakan Muzzle

Pemasangan alat ini memilki beberapa tujuan, salah satunya ketika anjing peliharaan bertindak cukup agresif. 

Penggunaan muzzel mungkin terlihat kurang sedap dipandang dan terkesan tidak perlu karena dapat menyulitkan anjing untuk makan dan minum.

Akan tetapi, disadur dari Cuteness, Minggu (22/5/2022), ada sejumlah alasan tertentu mengapa anjing peliharaan perlu menggunakan muzzle.

Perlu diketahui, muzzle tidak hanya berlaku untuk anjing yang memiliki masalah perilaku atau riwayat menggigit, tapi juga memberi beberapa hal positif bagi anjing peliharaan. 

Namun, saat pertama kali memperkenalkan muzzle ke anjing peliharaan, lakukan secara perlahan. Gunakan penguatan positif, yakni memasangkan muzzle sambil memberikan camilan.

Dengan cara tersebut, anjing peliharaan akan mengaitkan penggunaan muzzle dengan hal-hal positif. Ini juga membuat latihan menggunakan muzzle menjadi pengalaman menyenangkan bagi sahabat bulu.

Nah, berikut ini alasan anjing peliharaan perlu menggunakan muzzle. 

Anjing yang reaktif, agresif, atau tidak nyaman didekati anjing atau orang lain sebaiknya menggunakan muzzle ketika sedang diajak jalan-jalan.

Ketika melihat anjing menggunakan muzzle, orang-orang secara otomatis akan memberi anjing dan pemiliknya lebih banyak ruang.

Muzzle memang tidak memberi jaminan bahwa anjing akan dijauhi orang-orang, tetapi ini bisa menjadi salah satu cara mendukung kenyamanan anjing. 

Suka memakan sampah

Apabila anjing peliharaan memiliki kebiasaan memakan sesuatu yang tidak boleh dimakan saat diajak jalan-jalan, sebaiknya gunakan muzzle anjing. 

Beberapa anjing tertarik untuk memakan sampah, makanan yang dibuang, kotoran, dan batu saat jalan-jalan. Padahal, memakan sesuatu yang tidak seharusnya dikonsumsi, bisa membuat anjing peliharaan jatuh sakit. 

Alasan paling jelas mengapa anjing peliharaan harus menggunakan muzzle adalah jika anjing memiliki riwayat perna menggigit anjing atau orang lain atau kamu sulit mengontrol perilaku sahabat bulu. 

Selain demi keamanan, penggunaan muzzle ini juga membuat anjing merasa nyaman. Pastikan kamu selalu menyadari tingkat stres anjing peliharaan selama melatihnya menggunakan muzzle.

Sebab, alat ini bukan alasan untuk menempatkan anjing di situasi yang dapat membuatnya sangat tertekan. Muzzle seharusnya hanya menjadi cara mencegah gigitan terjadi. 

Mengajari anjing merasa nyaman ketika memakai muzzle dapat berguna jika terjadi keadaan darurat.

Anjing yang belum pernah menggigit sebelumnya juga dapat menggigit orang yang dikenal dan sayanginya jika sedang terluka atau kesakitan.

Dengan demikian, memasangkan muzzle saat anjing sedang terluka adalah tindakan yang aman untuk dilakukan. 

Anjing peliharaan yang sudah merasa nyaman menggunakan muzzle tidak akan merasa kesusahan dalam situasi yang membuatnya stres.

Cegah risiko buruk saat kunjungan ke dokter hewan

Banyak anjing merasa gugup atau kurang nyaman saat kunjungan ke dokter hewan. Untuk kondisi ini, sebaiknya memilih menggunakan muzzle anjing pada sahabat bulu demi mencegar risiko buruk serta stres pada anjing. 

Apalagi, beberapa klinik dokter hewan lebih suka memakaikan muzzle pada anjing untuk proses vaksinasi dan pemeriksaan lainnya.

Apabila anjing mengasosiasikan penggunaan muzzle dengan camilan dan hal-hal baik lainnya, sahabat bulu tidak akan stres menggunakannya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/22/203700776/5-alasan-anjing-peliharaan-perlu-menggunakan-muzzle

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke