Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Akibat Jamur pada Mukena

JAKARTA, KOMPAS.com- Mukenah yang bersih dan wangi tentunya akan membuat ibadah mu semakin khusyu. Sayangnya seringkali mukenah dibiarkan dalam keadaan lembab dan kotor setelah digunakan.

Mukenah yang lembab ini membuatnya berbau apek bahkan muncul bintik-bintik hitam akibat jamur.

Noda jamur pada mukenah cukup mengganggu, tak hanya penampilannya namun juga aromanya menjadi apek. Untuk itu sebaiknya cuci mukenah secara menyeluruh agar mukenah kembali bersih dan wangi.

Melansir dari kanal Youtube EK TV Chanel, Minggu (22/5/22), noda jamur seringkali sulit untuk dibersihkan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membersihkan noda jamur secara menyeluruh.

Sebelum memulai langkah-langkah pembersihan mukenah, periksa bagian mukenah yang kotor seperti pada bagian kepala dan bawah mukenah. Fokuskan pembersihan pada area yang paling kotor.

Mencuci mukenah dengan aksen warna

1. Semprotkan cairan pembersih noda untuk mukenah berwarna

JIka kain mukenah mu berwarna, gunakan cairan pembersih noda yang aman digunakan pada kain berwarna. Hindari menggunakan pemutih karena warna mukenah mungkin saja luntur. Semprotkan cairan pada noda yang membandel hingga rata dan diamkan selama 10 menit.

2. Rendam mukenah berwarna ke dalam larutan sabun dan sitrun

Siapkan larutan sabun dan sitrun untuk merendam mukenah. Campurkan deterjen cair secukupnya dan setengah bungkus citrus ke dalam air bersih untuk merendam mukenah. Rendam mukenah berwarna kedalam larutan deterjen, kucek pakaian jika masih ada noda yang tersisa.

3. Bilas mukenah dan cuci seperti biasa

Setelah noda membandel pada mukenah hilang, cuci mukenah dengan siklus pencucian biasa. Bilas hingga tidak ada residu pembersih dan sabun kemudian jemur hingga kering.

Mencuci mukenah putih

1. Rendam pada cairan pemutih untuk mukenah putih

Untuk mukenah berwarna putih dengan noda bintik-bintik hitam kamu tidak perlu menggunakan cairan pembersih noda. Cukup gosokkan pemutih menggunakan sikat gigi bekas ke atas noda jamur. Diamkan selama beberapa menit hingga noda jamur mulai pudar.

2. Bilas mukenah dan cuci seperti biasa

Setelah noda bintik-bintik hitam pada mukenah pudar, cuci mukenah dengan siklus pencucian seperti biasa. Gunakan softener atau pewangi pakaian agar mukenah lebih halus dan wangi. Langkah terakhir adalah menjemur mukenah hingga kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/22/181000776/cara-menghilangkan-bintik-hitam-akibat-jamur-pada-mukena-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke