Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Halaman Rumah, Kenapa?

Apalagi, bila tanaman memiliki tampilan yang indah serta warna yang cantik, akan semakin memanjakan mata. Sayangnya, tidak semua tanaman yang indah bisa ditanam di halaman rumah. 

Ada beberapa tanaman indah yang bersifat invasif, beracun, bahkan menarik serangga atau hama yang tidak diinginkan. Tentu saja, hal ini sangat mengganggu dan bukan sesuatu yang Anda inginkan.

Dilansir dari Bobvila, Rabu (18/5/2022), berikut tujuh tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah, baik itu tanaman pohon, semak, maupun tanaman herbal. 

Namun, akar mint sangat invasif dan dapat menyebar ke seluruh taman, bahkan bisa menjadi seperti rumput liar jika tidak diatasi.

Jika ingin menanam satu atau lebih varietas mint yang menyenangkan, sebaiknya menanamnya dalam pot. 

Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang dikenal karena khasiat penyembuhannya, terutama untuk kulit terbakar. Namun, lidah buaya bisa beracun bagi hewan peliharaan bila tak sengaja memakannya. 

Lateks (jus lidah buaya, tepat di bawah kulit tanaman) mengandung racun yang bisa menyebabkan sakit perut dan kram parah.

Demi kesehatan hewan peliharaan, sebaiknya tidak menanam tanaman lidah buaya di halaman rumah maupun area rumah lainnya. 

Akan tetapi, tanaman bambu tidak selalu menjadikannya pilihan yang layak untuk ditanam di taman atau halaman rumah.

Sebab, hal ini akan membuat halaman rumah menjadi tertutup dan butuh waktu bertahun-tahun mengatasinya. 

Inilah yang menjadi alasan bambu menjadi tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. Namun, jika ingin menanamnya, lakukan di halaman yang besar. 

Pohon mimosa

Keluarga mimosa yang terdiri dari semak belukar dan pohon sutra, dengan daun berbulu seperti pakis dan bunga merah muda yang mencolok, terlihat eksotis dan romantis.

Namun, ini bisa mengundang perselisihan dengan tetangga jika Anda menanamnya. Ini sangat invasif serta akan menelurkan bibit di mana-mana di halaman rumah dan seluruh lingkungan.

Setelah dipegang, hampir tidak mungkin untuk dihilangkan. Jadi, sebaiknya tidak menanamnya di halaman rumah. 

Namun, berhati-hatilah sistem akarnya dapat mengirim tunas yang muncul jauh dari tanaman utama, menelan pohon, semak belukar, dan apa pun yang menghalangi jalannya. 

Tanaman wisteria dapat hidup ratusan tahun dan membutuhkan pemangkasan yang serius setiap tahun untuk mengendalikannya. 

Belladonna

Belladonna memiliki nama umum yang disebut naungan malam yang mematikan. Dari nama tersebut, dapat diketahui jelas bahwa belladonna bukan tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah.

Memiliki daunan hijau subur, bunga berbentuk lonceng keunguan, dan buah beri hitam mengilap, rupanya tanaman beladonna sangat beracun dan harus dijauhkan dari taman, terlebih rumah yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan yang tak sengaja menelannya. 

Untuk itu, amaranthus menjadi salah satu tanaman yang sebaiknya tidak ditanam di halaman rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/18/160100776/7-tanaman-yang-sebaiknya-tidak-ditanam-di-halaman-rumah-kenapa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke