Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Feng Shui

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, saat tertidur di malam hari, seseorang bisa terbangun dengan tidak sengaja.

Bukan hanya ingin ke kamar mandi, namun ternyata lingkungan di area kamar tidur bisa memengaruhi hal tersebut. 

“Kamar tidur yang ideal di malam hari memiliki energi yang membuat nyaman, tenang, serta melindungi,” jelas pakar feng shui Rodika Tchi yang dilansir Domino Magazine, Selasa (10/5/2022).

Untuk mendapat energi tersebut, ada beberapa benda yang harus disingkirkan di dalam area kamar tidur, seperti TV, telepon, tumpukan pakaian, dan barang lainnya yang mengganggu waktu tidur. 

“Ini harus menjadi oasis dengan minimal elektronik, simbolisme yang menenangkan, warna netral, tekstur hangat, dan kenyamanan maksimal dan harus setenang mungkin saat Anda tidur,” tambah Laura Benko, penulis The Holistic Home dan pendiri The Holistic Home Co.

Berikut benda-benda yang harus disingkirkan agar tidak menghalangi aliran energi di kamar tidur dan menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam. 

1. Apa pun yang berhubungan dengan produktivitas

Kamar yang berbeda membutuhkan jenis energi yang berbeda. Misalnya, kantor memerlukan fokus, tetapi kamar tidur justru sebaliknya dan harus memicu relaksasi dan penyembuhan.

Apa pun yang bertentangan dengan itu seharusnya tidak ada di ruang Anda sejak awal.

“Apakah Anda memiliki daftar tugas di samping tempat tidur? Peralatan olahraga di kamar tidur? Sebuah pengisian telepon? Ini semua adalah pengingat tindakan yang akan membuat pikiran Anda tetap berjalan, bahkan jika Anda lelah," jelas Benko.

Dengan menghilangkan energi yang terkuras ini, Anda menciptakan lingkungan yang ideal untuk tidur malam yang menyegarkan. Alih-alih, fokuslah pada kain lembut dan pencahayaan hangat untuk membantu Anda bersantai.

2. Sebuah objek solo

Jika Anda sering merasa kesepian atau sedih, inilah saatnya mencari tahu apa yang bisa menyebabkan perasaan ini di kamar tidur.

“Kursi di sudut, vas tunggal atau karya seni dengan satu gambar; ini semua membombardir alam bawah sadar Anda dengan pesan yang sama,” kata Benko.

Dia menyarankan untuk memasangkan benda-benda seperti lampu dan lukisan dan memerhatikan sekeliling Anda dengan barang-barang yang benar-benar meningkatkan semangat Anda.

Tchi merekomendasikan membuat tempat di mana Anda dapat mengekspresikan kreativitas dan cinta diri Anda untuk menghilangkan kesedihan dan kesepian.

Memiliki ruang untuk meditasi teratur juga membantu melepaskan perasaan ini tanpa menggenggamnya, menekannya, atau menyangkalnya.

3. Suara atau bau yang mengganggu

Apakah Anda tertidur karena ada suara klakson dari kendaraan atau bau dari makan malam Anda beberapa jam sebelumnya? Pikirkan kembali seluruh pengalaman sensorik Anda.

Kualitas udara penting untuk memastikan tidur Anda tidak terganggu.

Tchi menyarankan menggunakan minyak esensial dan musik yang menenangkan untuk menciptakan energi yang baik sehingga Anda bisa bangun di pagi hari dengan energi yang telah diisi ulang. 

“Anda tidak membutuhkan barang sebanyak yang Anda kira,” kata Benko.

Ia mengusulkan untuk mengurangi, menyumbang, atau membuang barang yang tidak berguna sampai area tersebut kosong.

“Pikirkan kekacauan sebagai jangkar energik yang menjatuhkan Anda, mengurangi vitalitas Anda, dan menghambat setiap peluang baru yang datang kepada Anda," ujar Benko. 

5. Tanaman

Banyak ahli memuji sifat pemurni udara tanaman, yang bagus untuk tidur malam yang nyenyak, tetapi beberapa ahli feng shui memperingatkan agar tidak memiliki terlalu banyak.

Tanaman adalah bagian dari apa yang dalam feng shui disebut "elemen kayu", yang dikenal memiliki energi yang luas dan dapat mengganggu orang yang sulit tidur.

Di sisi lain, kata Tchi, kristal dan lilin membawa elemen api dan tanah, yang diyakini dapat memicu gairah, kesuksesan, dan stabilitas, yang semuanya penting untuk kesejahteraan.

6. Terlalu banyak benda kecil

Di kamar tidur yang sempit, seseorang cenderung mengisi ruang dengan furnitur dan barang-barang kecil yang sama, tetapi Tchi memperingatkan bahwa ini dapat melumpuhkan sisi kreatif Anda.

"Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang adalah puas dengan barang-barang kecil, sementara sebaliknya benda yang lebih besar justru dapat membawa lebih banyak kehidupan,” katanya.

Sebagai gantinya, dia merekomendasikan karya seni berskala besar besar untuk memperluas perspektif Anda.

Untuk barang-barang besar, posisinya sama pentingnya. Saat menata kamar tidur, Benko merekomendasikan untuk menempatkan tempat tidur agar Anda dapat melihat pintu masuk tanpa harus sejajar dengannya.

Punggung Anda harus bersandar pada dinding, tetapi tidak langsung di bawah jendela. Inilah yang disebut oleh spesialis aliran energi sebagai posisi memerintah, di mana Anda memiliki kendali.

“Secara umum, semakin sedikit furnitur semakin baik, semakin sedikit barang semakin baik,” kata Tchi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/10/154110376/6-hal-yang-harus-disingkirkan-dari-kamar-tidur-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke