Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Seprai Baru Harus Dicuci dan Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar memiliki kualitas tidur yang baik, seprai yang bersih dan tertata menjadi hal yang penting. Terlebih ketika seprai sudah usang, seprai harus diganti dengan yang baru.

Akan tetapi, ketika memiliki seprai baru, Anda harus mencucinya sebelum dipakai. Dilansir Martha Stewart, Sabtu (7/5/2022) menurut para ahli, mencuci seprai baru menjadi hal yang penting. 

"Dengan cara ini, Anda menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin terkumpul saat berada di pabrik atau di rak toko," jelas Christian Alexander, presiden dan CEO Nest Bedding.

Secara terpisah, Mark dan Ben McLean, ahli seprai dan pendiri Benji Sleep menyoroti alergen yang terdapat pada seprai baru.

Alergen ini dapat menyebabkan iritasi kulit, jadi Anda harus membersihkannya untuk menghindari potensi masalah kesehatan.

Cara mencuci seprai baru

Saat mencuci seprai baru untuk pertama kalinya, Alexander merekomendasikan untuk membaca instruksi dari pabriknya.

Karena bahan yang berbeda akan memerlukan perawatan yang berbeda, ini dapat membantu memastikan seprai dibersihkan dengan cara yang benar, terutama karena beberapa jenis hanya dapat dicuci dengan tangan atau dry clean.

Jika tidak ada langkah-langkah yang harus Anda ikuti, cuci seprai dengan air yang paling panas, karena ini akan membunuh bakteri dan kuman yang tersisa.

Namun, cuci dengan air hangat, jika kainnya sangat cerah. Dengan cara ini, warnanya akan tetap hidup.

Anda juga harus mencuci seprai secara terpisah dari barang-barang lain dalam beban cucian Anda, karena kain yang panjang dapat tertumpuk di mesin cuci. 

Mencuci seprai bersama dengan barang-barang lain, seperti handuk, mungkin tidak menghasilkan pembersihan yang sebaik mungkin.

Alexander menyarankan untuk mencari bahan seprai baru Anda juga, karena beberapa set memerlukan deterjen tertentu.

Cara mengeringkan seprai baru

Untuk mengeringkan seprai, Alexander menyarankan pengaturan sedang atau rendah, karena panas yang lebih rendah akan mempertahankan kualitasnya.

Jika Anda ingin mengeringkan seprai di luar ruangan, dan jika instruksi pabrik mengizinkannya, ia mengatakan Anda dapat menjemur seprai baru di bawah sinar matahari untuk membuatnya lebih cerah dan segar saat disentuh.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/07/150500776/alasan-seprai-baru-harus-dicuci-dan-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke