Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pupuk Alami untuk Aglonema agar Tumbuh Subur dan Rimbun

Namun, pupuk yang digunakan tidak harus selalu pupuk kimia, yang mana pupuk alami bisa menjadi pilihan alternatif yang mampu menunjang pertumbuhan aglonema.

Dikutip dari Channel YouTube hobi bunga, Selasa (3/5/2022), berikut ini cara membuat pupuk alami untuk aglonema agar tumbuh rimbun dan subur beserta cara pengaplikasian.

Kamu bisa menggunakan kulit bawang putih atau bawang merah atau mencampurkan keduanya.

Kulit bawang berfungsi sebagai zat perangsang tumbuh (ZPT) yang merangsang pertumbuhan akar, daun, maupun tunas aglonema dan tanaman hias lainnya.

Siapkan cangkang telur

Siapkan cangkang telur atau kulit telur yang sudah tidak terpakai sebanyak tiga sampai empat cangkang telur.

Pastikan cangkang telur telah dijemur terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa lengket dari telur.

Perlu diketahui bahwa cangkang telur mengandung lebih dari 90 persen kalsium yang berguna untuk memperkuat batang, daun, dan mengkokohkan akar tanaman.

Selain itu, cangkang telur juga dapat membuat pH netral pada media tanam. Sebab, pH yang terlalu asam atau keasaman yang terlalu tinggi pada media tanam akan dapat merusak tanaman.


Namun, jika keasaman yang kurang juga akan membuat tanaman kerdil. Jadi, cangkang telur dapat membuat pH atau keasaman pada media tanam menjadi netral.

Air cucian beras mengandung vitamin B1 cukup tinggi yang dapat merangsang tunas, pertumbuhan akar, dan juga menghilangkan stres pada tanaman.

Cara membuat pupuk alami untuk aglonema

• Rendam lima sampai delapan gram kulit bawang ke dalam satu liter air. Rendam selama satu hari atau 24 jam sampai air rendaman kulit bawang akan berubah menjadi sedikit kemerah-merahan.

• Tumbuk atau haluskan tiga sampai empat cangkang telur yang sudah dijemur sebentar hingga halus seperti pasir.

• Masukkan cangkang telur yang sudah dihaluskan ke dalam air cucian beras. Aduk rata sampai tercampur.

• Jika cangkang telur yang dihaluskan sudah tercampur sempurna dengan air cucian beras, campurkan dengan air rendaman kulit bawang beserta kulit bawangnya, lalu aduk hingga larut merata.

Cara pengaplikasian

• Setelah diaduk dan tercampur merata, kamu tinggal siramkan air larutan dari air cucian beras, cangkang telur, dan air kulit bawang ke media tanam aglonema.

Satu liter air cucian beras yang dicampur kulit bawang dan cangkang telur bisa digunakan untuk tiga sampai empat pot tanaman aglonema.

• Lakukan pemupukan alami satu ini secara rutin setiap satu sampai dua minggu sekali.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/03/181203476/pupuk-alami-untuk-aglonema-agar-tumbuh-subur-dan-rimbun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke