Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembangunan Hunian Premium Diyakini Bisa Dorong Ekonomi Jaktim

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan kawasan hunian diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu kawasan. Ini termasuk kehadiran hunian premium.

Salah satu pengembang yang tengah membangun kawasan hunian premium adalah PT Agung Podomoro Land Tbk. Pengembang tersebut tengah mengembangan hunian premium Bukit Podomoro Jakarta, di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang akan jadi kawasan emas anyar di Jakarta Timur.

Chief Marketing Officer Bukit Podomoro Jakarta Zaldy Wihardja menyatakan, kehadiran Bukit Podomoro Jakarta memang dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta Timur.

Ini sekaligus mengisi kekosongan kawsan hunian mewah yang dapat mengakselerasi pertumbuhan tersebut.

“Kami mempercayai Jakarta Timur ini masih dalam sunrise phase yang dalam beberapa tahun ke depan akan mengalami booming. Kami juga berharap Bukit Podomoro Jakarta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta Timur, apalagi dalam kondisi Covid-19, Bukit Podomoro Jakarta merupakan bukti komitmen sebagai booster pemulihan ekonomi pascapandemi,” ungkap Zaldy dalam keterangannya, Sabtu (23/4/202).

Pembangunan kawasan hunian mewah memang dapat mendorong pengembangan wilayah lebih cepat. Sebab akan memicu perputaran uang di satu wilayah serta mendorong dan menciptakan sektor-sektor ekonomi anyar.

Misalnya dengan mendorong penciptaan fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan bertaraf internasional untuk memenuhi kebutuhan para penghuni yang relatif berasal dari masyarakat menengah ke atas.

Zaldy menambahkan, Bukit Podomoro Jakarta dibangun dengan konsep The First Five Stars Residence di Jakarta Timur dengan menggandeng konsultan lansekap internasional Palmscape asal Singapura. Hasilnya, Bukit Podomoro Jakarta menghadirkan pengalaman tinggal yang mewah dan ekslusif bagi para penghuninya.

Ditopang oleh infrastruktur modern seperti sistem drainase sehingga bebas banjir, jaringan listrik bawah tanah fiberoptik.

“Bukit Podomoro Jakarta juga akan membangun business park yang diproyeksikan sebagai area komersial terlengkap dan termewah di Jakarta Timur. Kehadiran business park juga kami harapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Jakarta Timur sekaligus bisa langsung memberikan efek domino kepada pertumbuhan ekonomi di Jakarta Timur,” jelas Zaldy.

Sejumlah fasilitas premium juga turut dihadirkan Bukit Podomoro Jakarta seperti premium club house guna menunjang gaya hidup sehat karena dilengkapi dengan fitness studio, jogging track, gym, climbaing wall, swimming pool, rooftop tennis court, hingga badminton court.

Selain fasilitas olahraga yang lengkap, premium club house Bukit Podomoro Jakarta juga menyediakan fasilitas Willshire Ballrom, dan sunset lounge sebagai ruang bagi penghuni bisa rileks dan memanjakan diri.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Timur Widodo Soeprayitno menjelaskan, saat ini Pemda DKI Jakarta tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Gubernur (Rapergub) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang memberi peluang untuk pengembangan kawasan pemukiman lebih luas di Jakarta.

“Untuk mendorong pengembangan di Jakarta maka dibuat regulasi yang lebih ramah. Ini dilakukan sebagai evaluasi untuk lebih mengembangkan DKI Jakarta dan termasuk Jakarta Timur,” ujar Widodo.

Jakarta Timur disebut Widodo menjadi wilayah yang paling potensial untuk mengembangkan wilayah pemukiman. Sebab, Jakarta Timur merupakan kotamadya terluas di DKI Jakarta.

Meski demikian kepadatan penduduk DKI Jakarta justru menjadi yang paling sedikit berkisar 14.000 jiwa per km2. Apalagi dari catatan Indonesia Property Watch, harga tanah di Jakarta Timur juga relatif masih rendah, namun memiliki pertumbuhan yang paling tinggi dibandingkan wilayah Jakarta lainnya.

Selama lima tahun terakhir pertumbuhan per kuartalnya mencapai 3,48 persen dan menjadi yang tertinggi di Jakarta.

Untuk mendorong pertumbuhan, Widodo turut menjelaskan, pembangunan infrastruktur khususnya di Jakarta salah satunya memang mengarah ke timur. Ini dilakukan guna mengoptimalkan koneksi Jakarta Timur dengan wilayah-wilayah sekitar, yang selama ini sebenarnya relatif terputus.


Infrastruktur seperti Tol Becakayu, LRT Cawang-Bekasi, hingga lintasan ganda (double track) kereta api commuter line kini tengah didorong Pemda DKI Jakarta, maupun pemerintah pusat.

Belum lagi, Pemda DKI Jakarta juga kini tengah menggeber pembangunan jalan layang non tol alias fly over, maupun jalan bawah tanah atau underpass untuk mengurai simpul-simpul kemacetan guna mempermudah akses dari dan menuju Jakarta Timur.

Stimulus dari regulasi ditambah potensi yang dimiliki Jakarta Timur untuk berkembang dinilai dengan pesat pada masa mendatang disebut Widodo juga menjadi satu daya tarik bagi pengembang properti untuk melakukan penetrasi di Jakarta.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/23/203043876/pembangunan-hunian-premium-diyakini-bisa-dorong-ekonomi-jaktim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke