Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Mendesain dan Mendekorasi Kamar Tidur Utama

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain dan mendekorasi kamar tidur utama bisa menjadi tantangan tersendiri. Kamar tidur harus menjadi tempat perlindungan yang Anda tidak sabar untuk berada di dalamnya setiap hari, bukan tempat berkumpulnya tumpukan barang. 

Mulai dari menerapkan gaya desain yang mengalir dengan bagian rumah lainnya, hingga menggunakan kembali furnitur lama, berikut adalah lima langkah yang akan membantu Anda mendesain kamar tidur utama.

Setelah selesai, kamar tidur utama Anda akan menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan mengembalikan lagi energi yang hilang akibat rutinitas.

Dilansir Hunker, Sabtu (9/4/2022), berikut langkah mendesain dan mendekorasi kamar tidur utama.

1. Lakukan riset untuk mengetahui gaya desain yang sesuai dengan Anda

Sebelum melakukan pembelian besar atau membuat keputusan berani, luangkan waktu untuk melakukan sedikit riset. Baca dengan teliti majalah, blog, dan laman desain dan dekorasi rumah untuk melihat gaya desain yang paling Anda sukai.

Coba perhatikan pola dalam pilihan gambar Anda. Misalnya, jenis hasil akhir apa yang Anda sukai atau apakah semua gambar yang menarik perhatian Anda memiliki dinding putih cerah atau Anda suka sedikit warna?

Memiliki rencana yang jelas, atau setidaknya ide umum, dapat membuat penataan kamar tidur Anda menjadi proses yang lebih mulus karena Anda akan tahu persis gaya apa yang Anda butuhkan untuk berbelanja.

2. Mulailah dengan ruangan kosong untuk mendapatkan perspektif yang jelas

Mengosongkan kamar tidur alias mengeluarkan setiap barang di dalamnya akan membantu menghapus semua prasangka tentang kamar tidur Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada tempat lain untuk memindahkan tempat tidur, tetapi dengan ruangan yang kosong, Anda akan mendapatkan tampilan baru pada ruangan tersebut.

Selain itu, jika Anda akan mengecat dinding kamar tidur, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Anda akan senang melakukannya saat ruangan kosong.

3. Perhatikan furnitur yang sudah Anda miliki untuk melihat apakah ada yang cocok dengan desain baru Anda

Berbelanja furnitur baru untuk kamar tidur bisa menjadi ide yang menarik. Akan tetapi sebelum Anda merogoh kocek dalam-dalam, lihat ukuran kamar tidur dan furnitur yang sudah dimiliki untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat Anda gunakan kembali dalam desain kamar tidur Anda.

Bersikaplah terbuka untuk menggunakan barang-barang dengan cara baru, seperti mengubah keranjang menjadi bagian dari rak dinding yang keren, atau menambahkan lapisan cat semprot ke meja nakas agar sesuai dengan palet warna baru.

4. Mulailah dengan furnitur besar

Saat mulai menata kembali kamar tidur Anda, bawalah furnitur yang lebih besar terlebih dahulu, seperti tempat tidur dan lemari pakaian, sehingga Anda akan memiliki banyak ruang untuk menyesuaikan penempatannya tanpa harus terus-menerus mengatur ulang yang lainnya.

Setelah Anda memiliki potongan-potongan itu di tempat yang Anda suka, mulailah menambahkan furnitur yang lebih kecil seperti meja dan kursi.

5. Jangan lupakan detail kecil

Sekarang setelah kamar Anda dilengkapi, saatnya untuk menggabungkan detail kecil, seperti bantal, karya seni, dan tanaman hias.

Ini adalah saat visi Anda akan benar-benar mulai menjadi nyata saat berbagai elemen ruangan bersatu melalui aksesori.

Apakah Anda memutuskan untuk menggabungkan warna aksen seperti kuning mustard atau lebih memilih tetap menggunakan warna netral, cobalah untuk menggunakan warna dan tekstur yang sama di lebih dari satu tempat di ruangan untuk memberikan kohesi dan aliran.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/09/081900576/5-langkah-mendesain-dan-mendekorasi-kamar-tidur-utama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke