Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Membawa Banyak Energi Positif ke Rumah Menurut Eco Feng Shui

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerapkan prinsip-prinsip hijau di rumah dan kehidupan Anda dapat sejalan dengan feng shui yang baik.

Karakter China untuk kata "feng shui" mewakili "angin dan air." Ketika angin dan air bergerak lembut di bumi, planet ini tetap sehat dan bersemangat, dan hal yang sama berlaku untuk rumah Anda.

Menjadi sadar lingkungan adalah tentang menciptakan aliran energi positif di bumi. Saat Anda mengambil dari bumi, Anda memberi kembali.

Karena tindakan individu Anda memiliki dampak global, memasukkan prinsip hijau ke dalam rumah dapat secara positif memengaruhi kesehatan Anda, keluarga, dan generasi mendatang. 

Dilansir dari Mind Body Green, Rabu (30/3/2022), sangat mudah untuk menjadi lebih ramah lingkungan dalam hal apa yang Anda beli, gunakan, dan lakukan setiap hari.

Hanya dengan memerhatikan penggunaan bahan yang berkelanjutan dan tidak beracun, menghemat energi, lebih mengandalkan sumber daya alam, mengurangi limbah, dan mendaur ulang barang yang dapat digunakan dapat membuat perbedaan besar.

Eco feng shui ini, dapat membantu Anda menciptakan rumah yang meningkatkan energi Anda, alih-alih menghabiskannya. Berikut tujuh tips mengaplikasikannya di dalam rumah. 

1. Buka jendela untuk mendapatkan sinar matahari alami

Dengan membuka jendela, ini juga menyediakan ventilasi silang, memungkinkan rumah Anda untuk menghangatkan dan mendinginkan dirinya sendiri secara alami.

2. Bawa tanaman yang tumbuh subur ke dalam rumah 

Tanaman dapat  meningkatkan oksigen, membersihkan udara dan menciptakan harmoni. Sebuah "dinding vertikal hidup" adalah bagian fokus yang indah dan melambangkan peluang dan pertumbuhan baru dari perspektif feng shui.

3. Gunakan bahan yang berkelanjutan

Anda bisa menerapkan eco feng shui dengan menggunakan barang berkelanjutan seperti bambu, gabus, kayu keras dan lantai karpet serat alami. Gunakan bahan ubin keramik, marmer, batu, tanah liat dan batu tulis. 

Selain itu, kayu dan bahan-bahan daur ulang lainnya. 

4. Gunakan bahan pelapis rendah senyawa organik

Gunakan cat, noda, lem, dan pelapis yang rendah senyawa organik volatil (VOC) untuk meminimalkan racun yang mereka keluarkan ke udara.

VOC dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, masalah pernapasan, dan reaksi alergi lainnya. Penting juga untuk membeli pembersih rumah tangga yang tidak beracun dan organik untuk alasan yang sama.

5. Beralih ke CFL

Ada bola lampu neon kompak (CFL) baru, yang merupakan alternatif bagus untuk lampu pijar biasa. Mereka bertahan 10 kali lebih lama dan menggunakan lebih sedikit listrik. Cari bohlam "spektrum penuh", yang menawarkan sinar matahari dalam ruangan dan meningkatkan suasana hati Anda.

6. Daur ulang

Daur ulang kertas, plastik, kaca dan kartrid tinta dan siapkan tempat sampah khusus untuk membuang sampah-sampah tersebut. 

7. Gunakan kembali barang-barang di rumah untuk menciptakan energi positif yang segar

Cat ulang atau pelapis ulang furnitur lama. Rasakan kegembiraan saat Anda menuangkan kreativitas ke dalam proyek Anda. Energi Anda akan dimasukkan ke dalam setiap item.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/30/110044276/7-tips-membawa-banyak-energi-positif-ke-rumah-menurut-eco-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke