Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kegunaan Kayu Manis untuk Tanaman, Bisa Basmi Hama dan Jamur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang kerap digunakan untuk bahan makanan atau membuat kue. Namun demikian, kayu manis juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk tanaman.

Dilansir dari Morning Chores, Kamis (24/2/2022), manfaat utama menggunakan kayu manis di kebun adalah aksesibilitasnya. Anda kemungkinan besar memiliki kayu manis di rak bumbu dapur Anda.

Namun demikian, hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kayu manis untuk tanaman adalah gunakan kayu manis bubuk, bukan yang masih berbentuk batangan. Kayu manis batangan tidak begitu efektif untuk tanah dan tanaman.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk tanaman yang perlu diketahui.

1. Membantu perkembangan akar

Menurut banyak petani, kayu manis sama efektifnya bila dioleskan ke batang tanaman saat Anda menanam stek. Ini dapat merangsang perkembangan akar di hampir setiap jenis tanaman yang Anda tanam dengan cara ini dan Anda hanya perlu menerapkannya sekali.

Untuk menggunakan kayu manis sebagai bahan penunjang akar, cukup tuangkan sesendok kayu manis di atas tisu. Basahi ujung batang, lalu gulung ke dalam tisu.

Tanam stek di tanah pot. Kayu manis akan mendorong pertumbuhan baru.

2. Mencegah penyakit rebah kecambah (damping off)

Ketika dioleskan pada stek tanaman, kayu manis juga dapat membantu mencegah penyakit rebah kecambah. Penyakit ini disebabkan jamur yang menyerang bibit kecil tepat saat mulai tumbuh.


Kayu manis membunuh jamur sebelum sempat menyerang bibit yang rentan. Kayu manis juga efektif untuk mencegah dan mengobati jenis penyakit jamur lainnya.

Misalnya, dapat membantu menghilangkan jamur lendir. Untuk menggunakannya sebagai fungisida pada tanaman yang lebih tua, Anda bisa mencampurkan satu atau dua sendok kayu manis ke dalam air dan biarkan semalaman.

Saring melalui saringan kopi atau kain tipis, lalu masukkan campuran ke dalam botol semprot. Semprotkan daun, batang, atau bagian lain dari tanaman yang terkena.

Anda juga dapat menyemprotkan tanah jika jamur yang ditularkan melalui tanah menjadi masalah.

3. Membasmi semut

Semut adalah hama tanaman yang umum baik di ladang, petak kebun, dan bahkan di sekitar tanaman hias. Kayu manis membantu mencegah semut dan hama kecil lainnya dengan menghasilkan penghalang yang tidak ingin mereka lewati.

Untuk menggunakan kayu manis, yang perlu Anda lakukan hanyalah menaburkan sedikit seperti pembatas di mana pun semut cenderung menjadi masalah.

Anda dapat menggunakan kayu manis baik di dalam maupun di luar rumah . Cara paling efektif untuk menggunakannya di dalam ruangan adalah dengan menemukan titik masuk semut dan kemudian taburkan lapisan kayu manis di area tersebut.

Kayu manis tidak akan membunuh semut, tetapi akan menghentikan mereka masuk ke dalam rumah.

4. Mencegah jamur

Dengan menambahkan kayu manis ke mulsa kebun, Anda dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur tanpa harus khawatir merusak tanaman.

5. Mencegah penyakit karat daun

Penyakit karat daun adalah infeksi jamur lain yang umum terjadi pada banyak tanaman kebun, seperti calendula. Penyakit ini disebarkan oleh spora dari cendawan Puccinia differenta.

Hal yang membuat frustrasi tentang penyakit karat daun adalah bahwa cenderung memengaruhi semua bagian tanaman, termasuk bunga.

Jika Anda menanam calendula atau tanaman serupa seperti aster atau cineraria)untuk pengobatan, Anda tidak dapat menggunakannya saat bunganya terkena karat.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan dan mencegah penyakit karat daun di kebun. Kayu manis dapat digunakan untuk mencegah penyakit tanaman ini.

Yang perlu Anda lakukan adalah menaburkan sedikit kayu manis ke dalam tanah saat Anda menanam.

Sebagai agen antijamur yang kuat, kayu manis paling baik digunakan bersama dengan tindakan cerdas lainnya, seperti memberi jarak pada tanaman dan menerapkan  kebersihan dan penyiraman yang baik.

6. Mencegah hama berbulu

Jika hama berbulu, seperti tikus, kelinci, tupai, dan hewan pengerat lainnya menimbulkan masalah di kebun, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan kayu manis.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, kayu manis adalah rempah-rempah yang beraroma sangat kuat. Minyaknya yang berbau tajam sering membingungkan insting aroma hewan yang turun ke tanah, menyebabkan mereka menghindari suatu area sama sekali.


Jika Anda menemukan bahwa hama ini secara konsisten mengganggu kebun Anda, sesendok kayu manis yang ditaburkan di sekeliling kebun mungkin dapat menjadi solusi.

7. Mengusir nyamuk

Anda bisa mengusir nyamuk dengan mengaplikasikan sedikit kayu manis di sekitar taman. Meskipun ini bukan obat nyamuk yang paling efektif di luar sana, namun kayu manis dapat membantu bila digunakan dalam kombinasi dengan bahan lain.

8. Membasmi tungau laba-laba di tanaman hias indoor

Tanaman dalam ruangan juga bisa mendapat manfaat dari sedikit kayu manis. Kayu manis dapat digunakan untuk membunuh tungau laba-laba, lalat putih, dan hama umum lainnya.

Yang harus Anda lakukan adalah menaburkan kayu manis di permukaan tanah di sekitar tanaman Anda. Anda juga dapat menggunakan obat ini pada tanaman rumah dalam ruangan juga.

Kegunaan lain kayu manis untuk tanaman hias adalah dapat menyingkirkan agas. Kayu manis juga efektif untuk menghilangkan jamur dan jamur pada tanaman hias.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kayu manis untuk tanaman

Kayu manis memegang solusi untuk banyak masalah taman umum, meskipun tentu saja bukan satu-satunya solusi. Selain itu, hindari menggunakan kayu manis dalam jumlah besar di kebun.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/24/151000476/8-kegunaan-kayu-manis-untuk-tanaman-bisa-basmi-hama-dan-jamur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke